Dari Ligue 2, NGolo Kante Membawa Chelsea Raih Trofi Liga Champions

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 30 Mei 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 261 2417480 dari-ligue-2-ngolo-kante-membawa-chelsea-raih-trofi-liga-champions-0gbfiYv4PM.jpg NGolo Kante. (Foto/Reuters)

NGOLO Kante dalam pertadingan final Liga Champions 2020-2021 yang mempertemukan Chelsea dan Manchester City, begitu tangguh permainanya. Dia lihai mengawal serta memotong aliran lawan.

Berlaga di Stadion Drago, Portugal, Minggu (30/5/2021), Kante dimainkan sejak menit pertama oleh pengasuhnya Thomas Tuchel. Kepercayaan sang arsitek dibayar tuntas oleh pemain berusia 30 tahun tersebut. Dia berkelana mengawal para pemain Man City asuhan Pep Guardiola.

Foto/Reuters

Keberadaan Kante yang tak kenal lelah mengejar bola menyulitkan pasukan The Citizens mengembangkan serta melancarkan serangan. Justru The Blues, yang mampu mencetak gol melalui serangan balik, yang dituntaskan sempurna oleh Kai Havertz. Gol pemain Jerman itu menjadi satu-satunya dalam laga.

Baca juga: 4 Fakta Gemilang NGolo Kante Usai Antar Chelsea Raih Trofi Liga Champions

Satu lagi kehebatan pemain Kante. Meski ditugaskan mencuri bola dari lawannya, Squawka mencatat, dia tak satu pun melakukan pelanggaran.

Baca juga: Pemain Chelsea Tak Boleh Lama-Lama Merayakan Juara Liga Champions

Atas penampilannya yang apik sepanjang pertandingan di partai puncak Liga Champions, Kante mendapat anugerah sebagai Pemain Terbaik. Dia juga menuai pujian dari para legenda Liga Inggris, mulai dari eks Chelsea, Joe Cole, hingga mantan bek Man City, Joleon Lescott.

Foto/Reuters

NGolo Kante memulai karier sepakbolanya dari klub tak terkenal di Prancis. Dia menimba ilmu di akademi Boulogne pada 2012, dan setahun berikutnya berhasil masuk ke tim utama.

Semasa bermain untuk Boulogne, Kante memainkan 38 laga dan mencetak tiga gol. Pada 2013 Kante memutuskan hijrah menuju SM Caen. Dua musim bersama Caen, Kante tampil 75 di liga dan mencetak empat gol. Dia membantu timnya itu naik kasta dari Ligue 2 ke Ligue 1

Bakatnya yang apik, menarik Leicester untuk mendatangkanya. Pada 2015, Kante hijrah ke Inggris.

Baru semusim merasakan sepakbola Inggris, Kante mudah beradaptasi. Dengan kerja keras dan permainannya yang kuat, dia membantu Leicester meraih gelar Liga Inggris 2015-2016.

Foto/Reuters

Musim berikutnya, Kante berganti seragam. Meski masih mengenakan kaus, dia membela Chelsea. Lagi-lagi, Kante kembali mempersembahkan bagi klub barunya gelar juara. Chelsea berhasil mengangkat trofi Liga Inggris 2016-2017.

Kini, Kante mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Chelsea. Sebagai pemain terbaik di partai puncak, Kante sejajar dengan Zinedine Zidane, Deco, Steven Gerrard, Xavi, dan Andres Iniesta.

Sementara soal trofi, Kante menyamai pencapaian, Thierry Henry, Fabien Barthez, Juliano Belletti, Gerard Pique, dan Pedro. Dia sudah berhasil mengangkat trofi Liga Champions, Liga Inggris dan Piala Dunia bersama Timnas Prancis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini