Liga 1 2021 Tanpa degradasi, Rahmad Darmawan: Tentukan Dulu Format dan Lokasi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 49 2407166 liga-1-2021-tanpa-degradasi-rahmad-darmawan-tentukan-dulu-format-dan-lokasi-kEIiZpe6IQ.jpg Rahmad Darmawan. (Foto/Madura United)

MADURA Liga 1 2021 dirumorkan akan dilangsungkan tanpa degradasi. Bahkan kabar tersebut sudah dibawa ke dalam rapat komite eksekutif (Exco) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Lantaran wacana tersebut, sejumlah kontestan Liga 1 2021 turut bersuara, termasuk Manajer Madura United, Rahmad Darmawan (RD). Dia belum mau menentukan sikap antara setuju atau tidak terhadap kompetisi tanpa degradasi.

Foto/Madura United

Menurutnya, sebelum menentukan regulasi tersebut, harus menentukan format kompetisi. Sejauh ini format Liga 1 juga masih simpang siur. Liga 1 mendatang dikabarkan bisa dijalankan full kompetisi atau mengikuti sistem grup seperti Piala Menpora 2021.

Baca juga: Arema FC Dukung Liga 1 2021 Gunakan Format seperti Piala Menpora

Rahmad Darmawan menyatakan, dirinya akan menyampaikan sikap usai mengetahui hasil final Liga 1. Jika lokasi pertandingan sudah ditetapkan dan terpusat di Jawa, RD menegaskan akan mendukung sistem kompetisi tanpa degradasi.

Baca juga: Pemain PSM Makassar Diperbolehkan Main Sepakbola di Luar Agenda Tim, Asal...

Alasannya, tim yang di luar Pulau Jawa akan dirugikan. Namun, jika Liga 1 2021 dijalankan dengan konsep awal, yakni laga tandang kandang, dia tidak setuju kompetisi tanpa degradasi.

“Yang paling penting format kompetisi dulu, kemudian pelaksanaan atau venue kompetisi itu seperti apa,” ujarnya mengutip laman Madura United, Jumat (7/6/2021).

“Jadi format dan venue akan sangat menentukan kebijakan dan sikap kami selanjutnya. Karena begini, misalkan venue dipusatkan di Jawa, lalu tim yang di luar Jawa pasti dirugikan, kalau ada sistem degradasi,” tambahnya.

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini