5 Pesepakbola Terhebat yang Mengenakan Nomor Punggung 10

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 51 2404815 5-pesepakbola-terhebat-yang-mengenakan-nomor-punggung-10-hhPyOpTvxH.jpg Lionel Messi. (Foto/FC Reuters)

NOMOR punggung 10 menjadi andalan setiap tim untuk mencetak gol. Biasanya para pemain yang mengenakan nomor punggung tersebut akan menjadi jagoan reka-rekannya untuk mendobrak gawang lawan.

Namun, pemain bernomor punggung 10 tak melulu berada di garis depan. Ada kalanya, mereka berposisi sebagai gelandang, namun mempunyai visi yang munpuni untuk membangu serangan dan kerap juga mencetak gol.

Berikut 5 pesepakbola terhebat yang mengenakan nomor punggung 10:

5. Zinedine Zidane

Salah satu manajer tersukses di sepakbola, namun sebelumnya karier Zinedine Zidane sebagai pemainj juga gemilang.

Zidane adalah gelandang serang elegan dengan teknik yang luar biasa. Dia memulai kareirnya bersama Cannes lalu ke Bordeaux dan membuat Juventus menariknya tahun 1996. Di sini, pemain internasional Prancis akan menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

Foto/Reuters

Prestasinya di Italia dan untuk tim nasional Prancis menarik minat Real Madrid. Los Blancos membayar biaya hampir 70 pounds juta untuk mengakuisisi Zidane pada 2001, dan ikatan antara El Real dan Zidane masih utuh hingga hari ini. Sebagai manajer Real Madrid, Zidane telah memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut dan dua gelar La Liga.

Baca juga: Tak Punya Teman di Juventus, Ini 5 Calon Klub Cristiano Ronaldo Selanjutnya

Baca juga: 5 Pemain yang Kariernya Hancur karena Cedera, Nomor 1 Peraih Ballon dOr 2001

4. Zico

Zico menghabiskan sebagian besar karienyar dia Brasil. Dia untuk Flamengo dalam dua periode berbeda.

Foto/Reuters

Pemain Brasil itu memulai kariernya bersama Flamengo, membuat 506 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 378 gol. Zico baik dalam penguasaan bola dan secara tajam di depan gawang.

Dia Zico adalah bagian penting dari tim Brasil. Namun, ia tak mampu meraih satu pun trofi di level internasional.

Zico pensiun pada tahun 1994, dan memulai karier kepelatihan. Ia pernah mengasuh Fenerbahce, Bunyodkor, CSKA Moscow, dan Olympiacos. Dia juga melatih timnas Jepang dan Irak.

3. Pele

Seperti Zico, Pele menghabiskan sebagian besar kariernya bersama tim asal Brasil Santos. Dia membuat 656 penampilan di semua kompetisi sejak debut pada 1956 dan mencetak 643 gol. Pemain Brasil itu bermain sebagai striker.

Bersama Timnas Brasil, Pele membuat 92 penampilan, mencetak 77 gol. Dia memenangkan Piala Dunia tiga kali, 1958, 1962, dan 1970. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Brasil dan Santos.

Foto/Santos

2. Lionel Messi

Pemain asal Argentina melakukan debutnya untuk Barcelona pada 2004, dan bakatnya terbukti sejak awal. Kemampuan menggiring bolanya di atas rata-rata. Dia pencipta dan pencetak gol.

Messi telah membuat 774 penampilan di semua kompetisi untuk Barcelona, mencetak 668 gol dan memberikan 292 assist.

Foto/Reuters

1. Diego Maradona

Maradona dipuja dan dihormati di Argentina. Meski menjadi sosok kontroversial sepanjang hidupnya, bakat Maradona tak bisa ditepikan. Di level klub, pemain asal Argentina itu bersinar bersama raksasa Italia, Napoli. Sedangkan untuk tim nasional Argentina, ia adalah andalan pada masanya.

Foto/FIFA

Seperti Messi, Maradona adalah penggiring bola yang luar biasa. Sifatnya yang tidak dapat diprediksi membantunya di lapangan. Bagi Timnas Argentina, Maradona memainkan peran sangat penting saat mereka berjaya di Piala Dunia 1986.

Diego Maradona meninggal dunia karena serangan jantung pada November 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini