Gara-Gara Liga Super Eropa, Real Madrid dan Juventus Ditendang dari Kompetisi yang Mereka Kuasai

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 51 2401590 gara-gara-liga-super-eropa-real-madrid-dan-juventus-ditendang-dari-kompetisi-yang-mereka-kuasai-65CZFhtl62.jpg Juventus bisa gagal tampil di Liga Italia 2021-2022. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

REAL Madrid dan Juventus berpotensi ditendang dari kompetisi yang mereka kuasai. Hukuman itu dalam waktu dekat bisa diterima karena Real Madrid dan Juventus belum kunjung mundur dari Liga Super Eropa.

Dari 12 klub pendiri Liga Super Eropa, tinggal tiga tim yang belum mundur. Mereka ialah Real Madrid, Juventus dan Barcelona.

Real Madrid

(Real Madrid terancam dicoret dari Liga Champions)

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, memberikan ultimatum yang sangat keras. Ceferin mengatakan akan mencoret klub-klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa dari Liga Champions.

“Sangat jelas bahwa klub harus memutuskan, apakah mereka (klub yang belum mundur dari Liga Super Eropa) bermain di Liga Super Eropa atau Liga Champions. Jika mereka mengatakan kami adalah Liga Super, maka mereka takkan bermain di Liga Champions. Nantinya, mereka bisa bermain di kompetisi mereka sendiri,” kata Ceferin saat diwawancara AP, Okezone mengutip dari Marca.

Real Madrid yang paling terpukul jika dicoret dari Liga Champions 2021-2022. Sebab, Los Blancos –julukan Real Madrid– merupakan klub tersukses di sepanjang sejarah Liga Champions.

BACA JUGA: Liga Champions 2021-2022 Tanpa Cristiano Ronaldo, Erling Haaland, Mbappe dan Liverpool

Semenjak kompetisi ini dilangsungkan pada 1955-1956, Real Madrid telah memenangkan 13 trofi Liga Champions. Jumlah itu unggul enam gelar dari AC Milan yang menempati posisi dua peraih trofi terbanyak.

Namun, bukan hanya Real Madrid, klub yang terancam dicoret dari kompetisi yang mereka kuasai. Juventus juga berpotensi mengalami nasib serupa.

Juventus

(Juventus terancam dicoret dari Liga Italia)

Ketua Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, takkan segan mencoret kontestan Liga Italia yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Berhubung Juventus belum mundur dari Liga Super Eropa, mereka bisa saja dicoret dari Liga Italia, kompetisi yang sudah 36 kali mereka menangkan.

“Mereka yang merasa harus berpartisipasi dalam kompetisi yang tidak diizinkan FIGC, FIFA dan UEFA akan kehilangan afiliasi mereka. Aturan ini berlaku untuk lisensi nasional,” kata Gravina mengutip dari Marca, Selasa (27/4/2021).

“Jelas, jika hingga 21 Juni sebuah tim ingin tampil di kompetisi yang bersifat pribadi (Liga Super Eropa), mereka takkan diizinkan tampil di kompetisi kami,” lanjut Gravina.

Menarik menanti, hukuman apa yang diterima Real Madrid dan Juventus, jika keduanya bertahan di Liga Super Eropa. Akankah mereka benar-benar menerima hukuman di atas?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini