Masa Depan Liga 1 2021 Ada di Tangan Satgas Covid-19

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 49 2401554 masa-depan-liga-1-2021-ada-di-tangan-satgas-covid-19-aSw0jXHdLf.jpg Suasana konferensi pers evaluasi Piala Menpora 2021. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menunggu laporan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 sebagai bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan izin penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 2021. Satgas Covid-19 akan memberikan evaluasi menyeluruh soal penyelenggaraan Piala Menpora 2021 kepada Polri.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, beserta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menggelar rapat evaluasi Piala Menpora 2021 pada Selasa (27/4/2021). Dalam rapat ini mereka kompak menyatakan turnamen pramusim ini berjalan sukses, lancar, dan tanpa kendala.

Zainudin Amali

(Zainudin Amali (tengah) sebut Piala Menpora 2021 berjalan sukses)

Atas dasar ini, Menpora dan Ketua Umum PSSI percaya diri untuk melanjutkan proses pengajuan izin agar Liga 1 dan Liga 2 2021 dapat terselenggara tahun ini. Mereka tetap kukuh dengan rencana awal untuk menggelar kompetisi sepakbola di Indonesia.

Namun, mereka tak dapat menampik kekecewaan bahwa ada oknum suporter yang bertindak berlebihan pascalaga final Piala Menpora 2021 pada Minggu, 25 April 2021 malam WIB. Meski begitu, Menpora menegaskan bahwa kejadian itu harus dipisahkan dari suksesnya turnamen ini.

“Kita harus pisahkan apa yang terjadi setelah dan apa yg terjadi selama 35 hari ini. Bagi saya pelaksanaan ini menggambarkan kalau kita bisa melakukan ujian ini dengan aman dan tertib, sehingga kalau itu menjadi ukuran pelaksanaan kompetisi 2021-2022 saya kira itu tidak ada masalah. Maka dari itu jangan dicampur, (jalannya) kompetisi udah bagus,”ujar Zainudin Amali.

Hal senada juga disampaikan Asisten Operasional Polri Irjen Pol. Imam Sugianto mengenai jalannya turnamen Piala Menpora 2021. Dalam jumpa pers setelah rapat evaluasi yang ia hadiri juga, Imam menilai kompetisi berlangsung lancar dan tepat waktu.

Adapun kasus suporter yang terjadi pada 25 dan 26 April 2021 (oknum suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung turun ke jalan) bisa saja dijadikan pertimbangan untuk mengeluarkan izin Liga 1 2021. Satu hal yang pasti, saat ini mereka tengah menunggu laporan satgas Covid-19 terlebih dahulu.

BACA JUGA: Terjadi Setelah Penutupan, Menpora Sebut Ulah Pendukung Tak Coreng Piala Menpora 2021

“Kejadian di Bundaran HI (oknum suporter Persija Jakarta turun ke jalan) bisa jadi bahan pertimbangan nanti dalam penyelenggaraan kompetisi berikutnya. Rekomendasi dari Satgas Covid-19 juga jadi kelengkapan dalam pengeluaran izin berikut event-event berikutnya,” ujar Imam.

“Tentunya ini menjadi kajian, bagaimana kita mengelola suporter, kita tunggu langkah konkretnya kepada stakeholder terkait manakala itu bisa betul-betul dikendalikan dengan baik itu bisa menjadi poin dalam pemberian izin-izin berikutnya,” sambungnya.

Persija Jakarta

(Oknum suporter Persija turun ke jalan kelar final Piala Menpora 2021)

Sementara itu, pihak Satgas Covid saat ini tengah menyempurnakan pendataan mengenai ada tidaknya penularan Covid-19 selama Piala Menpora 2021 terselenggara. Nantinya, laporan tersebut akan dipublikasikan beberapa hari ke depan.

“Penyelenggaraan kita sudah apresiasi terlaksana baik, tapi satgas masih menunggu laporan apakah ada yang sakit atau tidak. Bekerja sama dengan elemen yang ada, kita harus melaksanakan kontak tracing,” ucap Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K Ginting dalam jumpa pers yang sama.

“Kita bersabar semoga 7 sampe 10 hari kedepan ada tidak pelonjakan kasus akibat adanya turnamen tersebut,” tutup Ginting.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini