Keputusan UEFA Belum Final, Peserta Liga Super Eropa Masih Terancam Hukuman

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 01:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 51 2399921 keputusan-uefa-belum-final-peserta-liga-super-eropa-masih-terancam-hukuman-ngX7xwf4lA.jpg UEFA (Foto: Media UEFA)

NYON – Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah mengambil keputusan untuk tetap menjalankan pertandingan semifinal Liga Champions 2020-2021. Namun, itu tidak berarti bahwa 12 klub yang sempat terlibat dalam Liga Super Eropa dipastikan terbebas dari ancaman hukuman UEFA.

Pada Jumat 23 April 2021, UEFA sejatinya melakukan pertemuan untuk membahas sikap mereka terhadap 12 klub yang ikut serta dalam Liga Super Eropa. Pada keputusannya, UEFA pun masih mengizinkan klub yang mentas di semifinal Liga Champions dan Liga Eropa musim ini untuk tetap bertanding.

UEFA

Namun, melansir dari Sky Sport Italia, Sabtu (23/4/2021), Komite Eksekutif UEFA mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi keputusan tentang tentang kasus Liga Super Eropa sedang dalam tahap evaluasi. UEFA memilih menunda keputusan mereka dan tidak akan menutup kasus Liga Super Eropa ini.

Baca juga BREAKING NEWS: Semifinal Liga Champions 2020-2021 Digelar Sesuai Jadwal, Real Madrid Tak Jadi Dicoret

“Komite Eksekutif UEFA telah diberitahu tentang perkembangan terbaru dalam kaitannya dengan Liga Super Eropa,” bunyi pernyataan UEFA.

Baca juga Polemik Liga Super Eropa, Ferdinand: Liverpool Tidak Hormati Jurgen Klopp

“Hal ini termasuk opsi yang tersedia untuk UEFA dan langkah-langkah yang sedang dipertimbangkan untuk mengambil tindakan pada masa depan,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Liga Super Eropa membuat hal mengejutkan dengan mengumumkan 12 klub peserta pada Senin 19 April 2021 dini hari WIB. Namun hanya dalam waktu 48 jam sejak pengumuman tersebut, kekuatan Liga Super Eropa menjadi runtuh.

Sebab, proyek tersebut mendapat banyak kecaman, termasuk dari UEFA yang mengancam mengeluarkan mereka dari ajang kompetisi Eropa. Bahkan ada laporan yang menyatakan bahwa klub yang masih berada dalam kompetisi Liga Champions dan Liga Eropa musim ini akan didiskualifikasi.

Alhasil, ancaman tersebut benar-benar memberi efek. Dibantu para penggemar dan tokoh-tokoh besar sepakbola dunia, akhirnya beberapa klub yang terlibat dalam Liga Super Eropa memilih mundur dari ajang tersebut.

Aleksander Ceferin

Sembilan klub, termasuk keenam klub di Inggris menyatakan keluar dari Liga Super Eropa. Sementara Juventus, Barcelona, dan Real Madrid, masih belum menyerah walau menyadari kompetisi tersebut tidak akan berjalan dalam waktu dekat.

Namun begtiu, sekali lagi, keputusan UEFA terkait sanski kepada 12 klub tersebut belumlah final. Laporan lain yang datang dari Marca, sanksi bisa didatangkan oleh UEFA setelah kompetisi musim ini berakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini