Polemik Liga Super Eropa Bikin AC Milan Kalah, Ini Tanggapan Pioli

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 47 2399073 polemik-liga-super-eropa-bikin-ac-milan-kalah-ini-tanggapan-pioli-g2gkVY2MsL.jpg Stefano Pioli (Foto: Reuters)

MILAN AC Milan kalah 1-2 dari Sassuolo pada pekan ke-32 Liga Italia 2020-2021. Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, menyatakan timnya kalah bukan karena polemik Liga Super Eropa yang menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir ini.

Sebagaimana diketahui, AC Milan merupakan bagian dari 12 klub elite Eropa yang mencetuskan kompetisi baru, yaitu Liga Super Eropa. Kompetisi itu merupakan tandingan dari Liga Champions yang berada di bawah naungan UEFA dan FIFA.

Rafael Leao (Foto: Reuters)

Keberadaan Liga Super Eropa sayangnya menimbulkan polemik di Benua Biru. Banyak pihak, mulai dari UEFA, FIFA, asosiasi sepakbola berbagai negara Eropa, hingga fans, menolak keberadaan Liga Super Eropa.

Presiden UEFA, Alexander Ceferin, bahkan mengeluarkan pernyataan tegas tentang Liga Super Eropa. Dia menyatakan klub dan pemain, yang ikut dalam European Super League atau Liga Super Eropa, akan menerima hukuman. Bagi pemain, mereka tidak bisa membela negaranya dalam ajang naungan UEFA dan FIFA.

BACA JUGA: Kelelahan Bukan Penyebab AC Milan Kalah dari Sassuolo

Namun, 10 klub kini menarik diri dari Liga Super Eropa sehingga hanya menyisakan Real Madrid dan Barcelona. Kejadian itu terjadi jelang pertandingan AC Milan kontra Sassuolo.

BACA JUGA: Klasemen Liga Italia: AC Milan Gagal Perpendek Jarak dengan Inter, Juventus Menguntit

Banyak pihak mengaitkan kekalahan AC Milan dengan polemik Liga Super Eropa. Akan tetapi, Pioli menampik anggapan itu karena timnya takluk karena Sassuolo bermain lebih baik.

Kekalahan dari Sassuolo membuat AC Milan, yang ada di posisi kedua dengan koleksi 66 poin, tidak aman. AC Milan hanya berjarak satu poin dari Juventus di posisi ketiga.

Sementara itu, Atalanta di posisi keempat dengan koleksi 64 poin berpeluang untuk menggusur AC Milan. Sebab, pasukan Gian Piero Gasperini baru akan memainkan pertandingan pekan ke-32, kontra AS Roma, pada malam ini.

Sassuolo (Foto: Reuters)

Jika Atalanta menang, AC Milan akan turun ke posisi ketiga. Tantangan besar pun menanti AC Milan untuk bertahan di posisi empat besar dan itu memicu semangat Pioli.

“Itu tidak mengganggu kami. Tidak ada yang mengganggu kami. Kami fokus pada target kami (finis di empat besar),” kata Pioli pada Sky Sport Italia, mengutip dari Football Italia, Kamis (22/4/2021).

“Sisa musim ini akan sangat sulit, tetapi kami harus tetap fokus dan tidak bisa teralihkan dari sesuatu yang belum kami putuskan. Kami tidak takut (untuk bersaing memperebutkan posisi empat besar)," ujarnya.

“Merupakan suatu kehormatan untuk merasakan tekanan ini. Kami berjuang untuk tempat Liga Champions dan kami ingin mencapainya,” ucap juru taktik asal Italia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini