Jelang Persib vs Persija di Final Piala Menpora 2021, Ini Cara Robert Alberts Atasi Fisik Pemain

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 49 2398447 jelang-persib-vs-persija-di-final-piala-menpora-2021-ini-cara-robert-alberts-atasi-fisik-pemain-ecHsGqKsim.jpg Ezra Walian, penyerang andalan Persib Bandung. (Foto: PT LIB)

SLEMAN – Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta di leg I final Piala Menpora 2021 yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis 22 April 2021 pukul 20.30 WIB. Untuk mendapatkan hasil positif, persiapan matang dilakukan skuad Maung Bandung –julukan Persib Bandung.

Hanya saja, pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, sedikit mengkhawatirkan kondisi para pemainnya. Efek jadwal padat, sejumlah pemain Persib Bandung gagal mencapai titik fisik optimal. Akibatnya, Dedi Kusnandar dan kawan-kawan rentan terkena cedera.

Persib Bandung

(Persib saat singkirkan PSS Sleman dari Piala Menpora 2021)

Sebagaimana diketahui, Persib Bandung sampai di final setelah menyingkirkan PSS Sleman di semifinal. Babak itu dilangsungkan dua leg yakni pada Jumat 16 April 2021 di Maguwoharjo dan leg kedua di Stadion Manahan Solo pada Senin 19 April 2021.

Rentang waktu yang hanya berkisar tiga hari menurut Robert Albert, merupakan hal yang tak mudah bagi pemain. Tak hanya itu, perjalanan bolak-balik Sleman-Solo juga pastinya tambah melelahkan, apalagi di tengah bulan puasa ini.

Untuk mengatasi hal ini, Robert bekerja lebih detail untuk memilih pemain-pemain yang akan diturunkan. Ia mengandalkan data yang ilmiah dalam mengawasi fisik masing-masing pemain.

BACA JUGA: Persib vs Persija, Sudirman Keluhkan Kondisi Pemainnya yang Kelelahan

“Tim kami sedang bersiap, sambil mencoba tahap pemulihan, yang mana tidak gampang untuk para pemain. Di saat Ramadhan dan (melakukan) perjalanan harus tetap bermain. Tapi kami lakukan yang terbaik,” ucap Robert dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan, Rabu (21/4/2021).

“Kami melakukan persiapan dengan sedikit ilmiah. Kita lihat tingkat pemulihan masing-masing pemain, kita lihat jarak antar-pertandingan, detak jantung, level kebugaran juga. Karena kita tahu bahwa sangat susah dalam turnamen ini untuk pemulihan,” lanjut pelatih berkebangsaan Belanda ini.

Persib Bandung

Kekhawatiran Robert dijawab oleh penyerang Persib Bandung, Ezra Walian. Pemain yang telah mencatatkan tiga gol sepanjang piala Menpora ini percaya rekan-rekannya mampu melewati masa pemulihan yang singkat ini. Ia pun tak sabar melakoni laga final Piala Menpora 2021 kontra Persija Jakarta

“Kami sudah buktikan bahwa kami merupakan tim yang baik di turnamen ini. Saya harap kami bisa bermain baik besok, kami juga berusaha untuk recovery secepatnya. Saya rasa besok adalah pertandingan yang baik untuk ditonton,” ucap Ezra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini