PSG Resmi Juara Liga Champions pada Hari Jumat? Bakal Jadi Trofi si Kuping Besar Perdana

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 261 2398010 psg-resmi-juara-liga-champions-pada-hari-jumat-bakal-jadi-trofi-si-kuping-besar-perdana-8tgquw9506.jpg Kylian Mbappe (Foto: Reuters)

PARIS Saint-Germain (PSG) digadang-gadang keluar sebagai kampiun Liga Champions 2020-2021 pada Jumat, 23 April 2021. Sebab, di tanggal tersebut Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) bersiap menjatuhkan hukuman kepada 12 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa, yang mana tiga di antaranya merupakan semifinalis Liga Champions.

Sebanyak tiga dari 12 kontestan Liga Super Eropa merupakan semifinalis Liga Champions 2020-2021. Mereka ialah Real Madrid, Chelsea dan Manchester City.

 Trofi Liga Champions (Foto: UEFA)

Jika Real Madrid, Chelsea dan Man City dicoret dari Liga Champions 2020-2021, otomatis tinggal menyisakan PSG. Sekadar informasi, PSG sejak awal menolak ambil bagian di Liga Super Eropa.

Jadi, akankah UEFA menunjuk PSG sebagai juara Liga Champions 2020-2021? Keputusan kelanjutan Liga Champions akan diputuskan dalam rapat luar biasa UEFA yang dilakukan pada Jumat 23 April 2021.

 BACA JUGA: Barcelona Main di Liga Super Eropa, Lionel Messi Gabung PSG?

“Klub-klub itu (12 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa) harus pergi (dari Liga Champions) dan saya harap itu terjadi pada Jumat. Kemudian, kami akan mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan kompetisi Liga Champions musim ini. Ada rapat luar biasa hari Jumat,” kata Anggota Exco UEFA, Jesper Moller mengutip dari Soccerway, Selasa (20/4/2021).

 BACA JUGA: PSG Bisa Jadi Juara Liga Champions Gara-Gara Liga Super Eropa, Begini Ceritanya!

Sebelumnya, presiden UEFA Aleksander Ceferin juga mengungkapkan hal senada. Pria asal Slovenia itu takkan segan memberi hukuman kepada klub-klub yang berani membelot dari UEFA untuk membentuk kompetisi baru.

“Kami masih berdiskusi dengan tim hukum kami. Tetapi, kami akan mengambil semua sanksi yang kami bisa dan kami akan memberi tahu Anda (jurnalis) secepatnya,” kata Ceferin.

“Pendapat saya, mereka (tim-tim yang tampil di Liga Super Eropa) secepat mungkin harus dilarang dari semua kompetisi kami,” lanjut Ceferin.

PSG (Foto: Reuters)

Andai dinobatkan sebagai juara, ini merupakan trofi Liga Champions perdana bagi PSG, semenjak klub ini berdiri pada 1970. Sebelum ini, pencapaian terbaik PSG di Liga Champions adalah menembus final edisi musim lalu.

Namun, diyakini PSG takkan berbangga jika mereka mendapatkan trofi Liga Champions tanpa berpeluh keringat di semifinal dan final. Sekarang harapannya, keputusan terbaik dapat diambil UEFA dan petinggi Liga Super Eropa yang berisikan Florentino Perez, Andrea Agnelli dan Joel Glazer.

Bagi yang belum tahu, sebanyak 12 klub dipastikan ambil bagian di Liga Super Eropa. Mereka ialah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Nantinya, ada 20 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Sebanyak 20 klub itu dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan 10 tim. Nantinya, 10 tim itu bertanding kandang dan tandang.

Tiga tim teratas dari masing-masing grup lolos otomatis ke perempatfinal Liga Super Eropa. Sementara itu, tim yang menduduki posisi empat dan lima akan melakoni babak playoff untuk mencari dua slot tersisa di perempatfinal Liga Super Eropa.

Kemudian, babak perempatfinal dan semifinal dilangsungkan dengan format kandang dan tandang. Barulah, partai puncak digelar satu laga, atau biasa dilangsungkan di tempat netral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini