Posisinya Diutak-atik Arteta, Xhaka: Di Mana Saja yang Penting Menang!

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 51 2395781 posisinya-diutak-atik-arteta-xhaka-di-mana-saja-yang-penting-menang-c84mpq8Xdz.jpg Granit Xhaka. (Foto: Instagram/@granitxhaka)

PRAHA – Eksperimen yang dilakukan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, terhadap posisi Granit Xhaka untuk kedua kalinya membuahkan hasil positif. Terakhir, mereka mampu mencundangi Slavia Praha saat bertandang ke Sinobo Stadium dengan skor 4-0 dalam leg II babak perempatfinal Liga Eropa 2020-2021.

Pada laga yang digelar Jumat (16/4/2021) dini hari WIB, Xhaka yang tampil penuh berhasil membawa Arsenal mendominasi pertandingan sejak menit awal. Alhasil, empat gol pun dicetak Arsenal melalui Nicolas Pepe (18’), Bukayo Saka (24’), serta Alexandre Lacazette (22’ dan 77’).

Slavia Praha vs Arsenal

Skor 4-0 bertahan hingga akhir pertandingan dan mengantar Arsenal ke babak semifinal Liga Eropa. The Gunners -julukan Arsenal- telah dinanti wakil Spanyol, Villareal, di babak tersebut.

Sebelum terbang ke Praha, Arsenal harus melakoni laga tandang lebih dulu melawan Sheffield United dalam lanjutan Liga Inggris pada 12 April 2021. Tim yang bertengger di posisi 9 klasemen ini juga menang meyakinkan dengan skor 3-0.

BACA JUGA: Aubameyang Kena Malaria, Arteta: Dia Butuh Waktu untuk Pulih

Semenjak Xhaka diplot pada posisi full back kiri, Arsenal mampu menang menjanjikan pada dua laga terakhir tersebut. Lini pertahanan The Gunners pun menjadi semakin kukuh dan berhasil meraih clean sheet.

BACA JUGA: Penyebab Arsenal Bantai Slavia Praha 4-0 di Perempatfinal Liga Eropa 2020-2021

Ini pula yang disyukuri pemain pemilik posisi asli gelandang bertahan tersebut. Xhaka merasa senang bila peran barunya ini dapat mengantar Arsenal meraih kemenangan dari laga ke laga.

“Jika kami memenangkan Liga Eropa seperti ini, saya tidak peduli di posisi mana saya bermain!” ujar Xhaka, sebagaimana dilansir laman resmi klub Arsenal usai pertandingan, Jumat (16/4/2021).

“Jika saya harus membantu tim di sana, saya harus membantu. Saya orang yang akan melakukan segalanya untuk tim. Tentu saja, semua orang tahu itu bukan posisi reguler saya, tetapi dengan rekan satu tim, mereka membantu saya dan juga melatih saya, di depan dan di belakang,” lanjutnya.

“Game plan yang diberikan bos kepada kami sangat bagus dan kami menunjukkan pertandingan besar hari ini. Saya pikir kami pantas untuk lolos setelah dua pertandingan,” tutur Xhaka.

Para pemain Arsenal

Dengan posisi ini, untuk sementara, Xhaka menggantikan peran Kieran Tierney. Menarik menantikan apakah eksperimen ini akan dipatenkan Arteta pada laga selanjutnya.

Terdekat, Arsenal akan menjamu Fulham pada Minggu 18 April 2021. Setelah itu, ada laga kontra Everton yang digelar pada 24 April 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini