Gol Bellingham Dianggap Pelanggaran, Sancho: Wasit Perlu Diperiksa!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 05:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 261 2390545 gol-bellingham-dianggap-pelanggaran-sancho-wasit-perlu-diperiksa-6stkp7hogg.jpg Jude Bellingham mencuri bola dari kaki Ederson Moraes (Foto: Twitter/@BellinghamJude)

MANCHESTER – Nasib sial dialami Jude Bellingham pada laga leg I Perempatfinal Liga Champions 2020-2021 antara Manchester City vs Borussia Dortmund, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB. Golnya ke gawang Ederson Moraes pada menit 37 dianulir wasit Ovidiu Hategan lantaran dianggap sebagai pelanggaran.

Sebagaimana diketahui, Man City sukses menaklukkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1. Gol Kevin De Bruyne membawa tuan rumah unggul lebih dulu di menit 19. Marco Reus nyaris membuat The Citizens meringis dengan golnya di menit 84.

Baca juga: Marco Reus Kesal Dortmund Dikalahkan Man City Dimenit-menit Akhir

Beruntung, Phil Foden mampu menjebol gawang Marwin Hitz pada menit 90. Gol tersebut memastikan anak asuh Pep Guardiola menang tipis 2-1 pada leg pertama di Manchester.

Jude Bellingham dikartu kuning (Foto: Reuters/Phil Noble)

Namun, bukan gol Foden yang menjadi perbincangan, melainkan Jude Bellingham. Gelandang muda asal Inggris itu sempat memaksa Ederson memungut bola dari gawangnya di menit 37. Ia sukses menerobos lini pertahanan Man City sebelum kemudian merebut bola dari kaki kiper.

Baca juga: Dortmund Kena PHP, Man City Menang 2-1 di Stadion Etihad

Sayangnya, wasit Ovidiu Hategan menilai aksi Bellingham itu sebagai pelanggaran. Gol tidak disahkan dan mantan pemain Birmingham City itu diganjar kartu kuning. Aksi pengadil asal Rumania tersebut membuat Jadon Sancho kesal.

Jadon Sancho kecewa (Foto: Twitter)

“Wasit ini perlu diperiksa!” cuit Jadon Sancho lewat akun Twitter @Sanchooo10 seraya menambahkan emoji tepok jidat, Rabu (7/4/2021).

Tak hanya Sancho yang protes. Jude Bellingham pun menilai golnya sah. Dalam tayangan ulang memang terlihat pemain berusia 17 tahun itu merebut bola dengan bersih dari kaki Ederson.

“Menurut saya, challenge pada babak pertama itu bukan sebuah pelanggaran,” kata Jude Bellingham, sebagaimana dikicaukan akun resmi Borussia Dortmund @BlackYellow. Seperti Sancho, ia juga curhat lewat Twitter dengan menambahkan emoji mata. 

Jude Bellingham curhat (Foto: Twitter)

Wajar bila dua orang pemain berkebangsaan Inggris itu protes keras atas vonis wasit. Andai gol tersebut disahkan, Borussia Dortmund mendapat momentum bagus untuk memaksa Man City bekerja keras meraih kemenangan.

Pun begitu, satu gol tandang tersebut cukup berarti bagi pasukan Edin Terzic. Sebab, mereka akan menjadi tuan rumah pada leg kedua pekan depan. Dortmund cukup menang dengan skor tipis 1-0 untuk melenggang ke semifinal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini