Kronologi Kasus Barcagate di Barcelona

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 46 2370587 kronologi-kasus-barcagate-di-barcelona-2vpgadsTwj.jpg Mantan Presiden FC Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA – Dunia sepakbola kini tengah dihebohkan dengan kasus yang saat ini menimpa Barcelona. Klub asal Catalunya itu tepatnya tersandung kasus Barcagate dan kini tengah diselidiki oleh polisi. Lantas apa itu Barcagate dan bagaimana mana kronologi awalnya?

Jadi, pada awalnya ada empat orang yang diamankan oleh pihak kepolisian saat sedang menggeledah kantor Barcelona pada Senin 1 Maret 2021. Salah satu orang ditangkat itu adalah mantan Presiden Barcelona, yakni Josep Maria Bartomeu.

Tapi, tahukah Anda kasus Barcagate ini sudah mulai tercium sejak Februari 2020 silam. Ya kasus ini sudah diselidiki selama kurang lebih setahun. Awal mula kasus itu terangkat karena laporan dari media asal Spanyol, Cadena SER yang menyebut Barcelona menyawa konsultan media, I3 Ventures, sedari 2017 silam.

Baca Juga: Deretan Dosa Bartomeu di Barcelona, Termasuk Bohongi Lionel Messi

Josep Maria Bartomeu bersama petinggi Barcelona

Konsultan itu disewa untuk menyerang pihak-pihak yang tak sejalan dengan Bartomeu kala itu. Menariknya, pihak-pihak yang diserang itu adalah pemain Barcelona sendiri, seperti Lionel Messi, Gerard Pique, dan masih banyak lagi.

Juli 2020 silam, Barcelona pun menggelar audit yang dilakukan oleh firma PriceWaterhouse Coopers. Pada audit itu, terungkap bahwa pihak Bartomeu tak terbukti melakukan penyerangan terhadap pihak-pihak yang disebutkan sebelumnya.

Akan tetapi, masalah itu belum usai. Ada lagi masalah terkait kasus tudingan korupsi. Kepolisian Catalunya pun menilai ada tanda-tanda korupsi atas uang yang diberikan kepada I3 Ventures pada September 2020.

Menurut laporan dari media-media di Spanyol, Barcelona sengaja memecah pembayaram agar tak muda terdeteksi. Alhasil, sejumlah tagihan hanya 200 ribu euro, yang berarti tak perlu persetujuan direksi untuk mengeluarkan dana tersebut.

Berdasarkan kabar dari Marca, baru-baru ini akhirnya diketahui bahwa ada sejumlah perusahaan selain I3 Ventures yang menerima pembayaran yang serupa. Nama-nama perusahaan itu adalah NSG Social, Science Ventures SL, Tantra Soft SA, Digital Side SA, Big Data Solutions SA, dan Futuric SA.

Josep Maria Bartomeu bersama Lionel Messi

Setelah diselidiki lebih mendalam, ternyata semua perusahaan itu terkait dengan satu orang, yakni Carlos Ibanez, yang lain dan tidak bukan adalah pemimpin dari I3 Ventures. Gara-gara masalah itu diketahui, Bartomeu pun akhirnya diminta untuk mundr dari dari jabatan sebagai presiden Barcelona.

Dengan adanya masalah itu dan Lionel Messi yang mau hengkang, Bartomeu pada akhirnya menurut dan melepaskan jabatannya di Barcelona. Kepergian Bartomeu itu tak membuat masalah berakhir begitu saja, sebab kepolisian Catalunya sudah mengumpulkan berbagai data dan bukti semenjak musim panas yang lalu.

Penggeledahan kantor Barcelona dan ditangkapnya Bartomeu menjadi sebuah langkah baru untuk menyelesaikan masalah yang tengah merusak tubuh salah satu klub terbesar di Spanyol tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini