Deretan Dosa Bartomeu di Barcelona, Termasuk Bohongi Lionel Messi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 46 2370538 deretan-dosa-bartomeu-di-barcelona-termasuk-bohongi-lionel-messi-djqqn65FwA.jpg Josep Maria Bartomeu merupakan sosok kontroversial (Foto: Reuters/Albert Gea)

BARCELONA – Josep Maria Bartomeu kembali membuat geger. Kali ini, Eks Presiden Barcelona itu ditangkap Kepolisian Catalunya bersama tiga orang lainnya terkait penyelidikan skandal Barcagate pada Senin 1 Maret 2021 sore WIB.

Sosok Josep Maria Bartomeu memang lekat dengan kontroversi sejak dirinya terpilih sebagai Presiden Barcelona pada Januari 2014. Naiknya pria berusia 58 tahun itu tidak terlepas dari pengunduran diri Sandro Rossell. Kala itu, Bartomeu menjabat sebagai wakil presiden.

Baca juga: Bartomeu Dkk Ditangkap dan Kantor Digeledah, Barcelona Hormati Proses Hukum

Sandro Rossell mundur setelah klub terlilit kasus pemalsuan pajak saat menggaet Neymar Jr pada 2013. Tak lama kemudian, Josep Maria Bartomeu harus menjalani persidangan. Beruntung, dirinya lolos dari hukuman.

Lionel Messi menuding Josep Maria Bartomeu ingkar janji

Kontroversi berikutnya mencuat pada Februari 2020. Josep Maria Bartomeu disebut sengaja menyewa jasa perusahaan konsultan pemasaran I3 Ventures. Lewat perusahaan tersebut, ia berusaha menaikkan citra klub dan pribadi di media.

Baca juga: Bartomeu Ditangkap, Begini Reaksi Kandidat Presiden Barcelona

Parahnya lagi, Bartomeu diduga memerintahkan pihak ketiga itu untuk menghancurkan citra lawan-lawannya, termasuk pemain yang tampil buruk. Skandal tersebut kini dikenal sebagai Barcagate, yang kemudian berujung penangkapan oleh polisi.

Barcagate memang menghebohkan, tetapi yang paling diingat penggemar adalah dosa Josep Maria Bartomeu terhadap pemain pujaan mereka, Lionel Messi. La Pulga terang-terangan menuding Bartomeu berbohong dan tidak memenuhi janji.

Hal tersebut bermula ketika Lionel Messi ingin mengaktifkan klausul pergi secara gratis pada kontraknya, musim panas silam. Ternyata, Josep Maria Bartomeu pernah berjanji tidak akan menghalangi Messi untuk pergi secara gratis pada musim panas 2020!

Dosa lainnya adalah perekrutan pemain yang buruk. Antoine Griezmann, Philippe Coutinho, dan Moussa Dembele, adalah segelintir pemain yang didatangkan Barcelona dengan harga selangit pada era Bartomeu. Namun, ketiganya gagal menunjukkan penampilan ciamik.

Josep Maria Bartomeu dan petinggi Barcelona

Gara-gara miskalkulasi dalam pembelian serta struktur gaji pemain, Barcelona kemudian terseret dalam gunungan utang. Klub bahkan terancam bangkrut hingga akhirnya memaksa para pemain menerima pemotongan gaji.

Deretan dosa itu pada akhirnya memaksa Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri pada 27 Oktober 2020. Kini, pria berkebangsaan Spanyol tersebut harus menghadapi proses hukum terkait skandal Barcagate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini