Bartomeu Dkk Ditangkap dan Kantor Digeledah, Barcelona Hormati Proses Hukum

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 00:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 46 2370518 bartomeu-dkk-ditangkap-dan-kantor-digeledah-barcelona-hormati-proses-hukum-eqWwF9V3bD.JPG Penyidik memasuki kantor klub Barcelona (Foto: Reuters/Albert Gea)

BARCELONA – Barcelona merilis pernyataan resmi terkait penangkapan empat petinggi serta penggeledahan markas klub pada Senin 1 Maret 2021 sore WIB oleh Kepolisian Catalunya. Pihak klub berjanji untuk menghormati setiap proses hukum yang sedang berjalan.

Seperti diketahui, Kepolisian Catalunya menangkap sejumlah figur senior di klub Barcelona. Tokoh-tokoh tersebut mencakup Oscar Grau (CEO Barcelona), Roman Gomez Ponti (Kepala Bidang Hukum), dan Jaume Masferrer.

Baca juga: Bartomeu Ditangkap, Begini Reaksi Kandidat Presiden Barcelona

Eks Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu tak luput dari penangkapan. Pria asal Spanyol itu dikabarkan dibekuk polisi di kediaman pribadinya.

Josep Maria Bartomeu dan petinggi Barcelona

Melalui pernyataan resmi, Barcelona mengakui terjadinya penggebrekan serta penyitaan dokumen penting di kantor klub. Manajemen Blaugrana lantas memastikan bakal mendukung penuh proses hukum yang sedang berjalan.

Baca juga: Setelah Dituding Sewa Buzzer, Kantor Barcelona Kini Digrebek Polisi

“Barcelona siap bekerja sama dengan otoritas kepolisian atas proses hukum yang sedang berjalan untuk menjernihkan fakta-fakta terkait penyelidikan,” bunyi keterangan resmi Barcelona, disitat dari Mundo Deportivo, Selasa (2/3/2021).

“Barcelona menghormati proses hukum yang berjalan serta asas praduga tak bersalah pihak-pihak yang tertuduh dalam kasus ini,” tutup pernyataan tersebut.

Penangkapan serta penyitaan dokumen oleh polisi tidak terlepas dari skandal Barcagate. Skandal itu pertama kali terkuak ketika Bartomeu masih menjabat sebagai Presiden Barcelona. Klub diduga menjalin kerja sama dengan perusahaan konsultan media, I3 Ventures.

Menurut klaim Josep Maria Bartomeu, kerja sama itu dijalin untuk memantau pemberitaan terkait klub di dunia maya. Ia ingin Barcelona mendapat citra yang baik di mata publik.

Kantor klub Barcelona digeledah polisi (Foto: Reuters/Albert Gea)

Media Spanyol, Cadena SER melaporkan, jasa I3 Ventures juga disewa untuk menyerang pihak-pihak yang menentang kebijakan klub. Tidak main-main, legenda klub seperti Xavi hingga megabintang Lionel Messi, disebut pernah menjadi korban serangan!

Tentu saja, penangkapan tersebut menghebohkan semua pihak yang berafiliasi dengan Barcelona. Apalagi, tindakan penangkapan terjadi hanya sepekan jelang pemilihan presiden baru. Citra Barcelona dikhawatirkan semakin rusak gara-gara kasus tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini