5 Peraih Trofi Ballon dOr yang Terlupakan, Didominasi Pemain Eropa Timur

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 51 2370435 5-peraih-trofi-ballon-dor-yang-terlupakan-didominasi-pemain-eropa-timur-dBn2mrTmvr.jpg Trofi Ballon dOr (Foto: France Football)

BALLON dOr memang menjadi gelar individu yang diharap-harapkan dapat diraih oleh hampir pesepakbola profesional di seluruh dunia. Meski butuh usaha yang sangat keras bagi para pesepakbola untuk bisa berkesempatan memenangkan Ballon dOr.

Terlebih dengan memenangkan gelar Ballon dOr bakal membuat pesepakbola yang meraihnya bakal terus dikenang. Meski setidaknya ada lima pesepakbola pemenang Ballon dOr yang namanya justru jarang dikenal pada saat ini.

Berikut lima peraih Ballon dOr yang terlupakan:

5. Michael Owen (Liverpool/Inggris)

Michael Owen

Di awal kemunculan Michael Owen, ia memang berhasil membuat publik sepakbola Inggris terkesima dengan kemampuannya. Memperkuat Liverpool, Owen disebut-sebut sebagai penyerang komplet dengan kecepatan dan penyelesaian akhir yang hampir sempurna.

Puncak karier Owen hadir di musim 2000-2001, di mana ia berhasil membawa Liverpool meraih treble winner (Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Eropa). Berkat itu, Owen pun dinobatkan sebagai peraih Ballon dOr 2001. Meski setelah itu, perjalanan karier Owen mengalami penurunan yang signifikan.

4. Pavel Nedved (Juventus/Republik Ceko)

Pavel Nedved

Banyak yang tidak menyangka bahwa Pavel Nedved bisa menjadi andalan bersama Juventus. Terlebih ketika direkrut, Nedved dihadapkan tugas berat sebagai suksesor Zinedine Zidane bersama skuad Bianconeri –julukan Juve.

Akan tetapi, Nedved berhasil menjalankan perannya dengan baik bersama Juve. Bahkan pada 2003, eks kapten tim nasional (Timnas) Republik Ceko tersebut berhasil dinobatkan peraih Ballon dOr. Meski hingga kini banyak yang melupakan bahwa Nedved pernah memenangkan gelar individu tersebut.

3. Matthias Sammer (Borussia Dortmund/Jerman)

Matthias Sammer

Bisa dihitung dengan jari berapa banyak pemain bertahan yang berkesempatan memenangkan Ballon dOr, dan Matthias Sammer pun menjadi salah satunya. Ya, Sammer memang merupakan palang pintu andalan Borussia Dortmund dan Jerman Timur kala masih aktif sebagai pesepakbola.

Sebagai seorang pemain bertahan, Sammer memang bisa dikatakan yang terbaik di masanya. Itu terbukti dengan keberhasilan Sammer memenangkan gelar individu paling bergenggsi, Ballon dOr, pada edisi 1996.

2. Igor Belanov (Dynamo Kiev/Ukraina)

Igor Belanov

Bagi Anda, nama Igor Belanov memang benar-benar sangat terdengar asing. Terlebih sepanjang kariernya profeisonalnya, Belanov memang hampir tidak pernah berkesempatan membela tim papan atas Eropa.

Meski begitu, Belanov sejatinya salah satu pesepakbola yang patut diperhitungkan rekam jejaknya. Terlebih dengan fakta bahwa Belanov sempat memenangkan Ballon dOr pada 1986 silam usai menampilkan performa apik bersama Dynamo Kiev.

1. Oleg Blokhin (Dynamo Kiev/Ukraina)

Oleg Blokhin

Jauh sebelum Igor Belanov membuat kejutan dengan memenangkan Ballon dOr, ada juga nama Oleg Blokhin yang lebih dahulu melakukannya. Ya, Blokhin berhasil memenangkan Ballon dOr pada edisi 1975.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, Blokhin berhasil memenangkan gelar tersebut usai mengalahkan dua nama tenar pada masa itu, yakni Franz Beckenbauer dan Johann Cruyff. Keberhasilan Blokhin mendapatkan penghargaan tersebut, usai penampilan apik yang diperagakannya bersama Dynamo Kiev di musim 1974-1975.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini