Izin Tertulis Polri untuk Piala Menpora 2021 Diberikan, tapi Bisa Dicabut Lagi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 49 2364964 izin-tertulis-polri-untuk-piala-menpora-2021-diberikan-tapi-bisa-dicabut-lagi-wP4AbTNedH.jpg Menpora RI Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: Kemenpora RI)

JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) selaku pihak penanggung jawab keamanan telah memberikan izin untuk penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Tak ayal, hal ini membuat bahagia banyak pihak, utamanya para penikmat sepakbola Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, kompetisi sepakbola di Indonesia sejatinya sudah terhenti sejak Maret 2020 karena pandemi Corona (Covid-19). Sejak saat itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah tiga kali mengajukan izin untuk bisa melanjutkan kompetisi, namun selalu mendapat penolakan dari Polri.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah Piala Menpora, Arema FC Ajak Komunikasi Tiga Daerah Malang Raya

Maklum saja, pasalnya pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir. Kendati demikian, setelah melakukan pembicaraan lebih lanjut, dengan dibantu Menpora Republik Indonesia, Zainudin Amali, izin penyelenggaraan turnamen bisa didapat, meskipun saat ini hanya kompetisi pramusim.

Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan

Piala Menpora ini sejatinya akan dihelat di empat kota mulai 20 Maret sampai 25 April 2021. Sesuai dengan fungsinya, turnamen ini dibuat sebagai persiapan sebelum dimulainya kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Pada Jumat (19/2/2021), diadakan acara penyerahan izin penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021 kepada PSSI dan PT. LIB. Dalam acara tersebut, Mochamad Iriawan pun menunjukkan rasa gembiranya yang luar biasa.

Baca juga: Piala Menpora 2021 Jadi Penentu Kelanjutan Nasib Liga 1 dan Liga 2

"Kami tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada Menpora. Apa yang ditunggu federasi dan stakeholder sepakbola akhirnya tiba. Sejarah tertorehkan, yaitu izin di sistuasi Covid-19 akhirnya diberikan oleh Kapolri," ujar Iriawan dalam konferensi virtual (19/2/2021).

"Sebelumnya kami tiga kali mengajukan izin (kompetisi). Pertama pada 1 Oktober untuk bisa menggulirkan lagi kompetisi. Kedua pada 1 November kami ajukan izin lagi. Kemudian pada 1 Februari 2021 kami ajukan lagi. Tapi baru keempat kalinya setelah Kapolri berganti izin dikeluarkan," lanjutnya.

Kendati demikian, patut dicatat bahwa Piala Menpora 2021 ini bisa terselenggara karena adanya protokol kesehatan yang ketat diberlakukan. Para suporter dan masyarakat diminta untuk tidak datang langsung ke stadion.

Selain itu, Menpora dan Ketum PSSI juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggelar acara nonton bareng (nobar). Masyarakat diminta untuk menonton dari rumah masing-masing. Karena, dikhawatirkan akan menimbulkan cluster baru yang memperburuk situasi jika tercipta kerumunan.

Acara penyerahan surat izin Polri untuk penyelenggaraan Piala Menpora 2021

Seandainya selama penyelenggaraan Piala Menpora 2021 terdapat pelanggaran protokol kesehatan dan aturan lainnya, maka pihak kepolisian tak segan untuk mencabut izin yang sudah mereka berikan. Maka dari itu, Mochamad Iriawan mengajak seluruh masyarakat untuk saling bekerja sama.

"Apabila nanti terjadi sesuatu, pihak kepolisan bisa mencabut izin sewaktu-waktu yang telah dikeluarkan. Kami memohon ke seluruh komponen sepakbola harus memantuhi aturan yang ada," terang Iriawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini