Piala Menpora 2021 Jadi Penentu Kelanjutan Nasib Liga 1 dan Liga 2

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 49 2364931 turnamen-menpora-2021-jadi-penentu-kelanjutan-nasib-liga-1-dan-liga-2-c7UawsiJt0.jpg Peserta Turnamen Piala Menpora 2021 (Foto: Kemenpora RI)

JAKARTA – Kompetisi sepakbola di Indonesia sejatinya sudah terhenti sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Akan tetapi, tak lama lagi turnamen sepakbola akan kembali digulirkan dengan tajuk Piala Menpora 2021.

Piala Menpora ini sejatinya adalah turnamen pramusim, yang mana akan dihelat di empat kota mulai 20 Maret sampai 25 April 2021. Sesuai dengan fungsinya, turnamen ini dibuat sebagai persiapan sebelum dimulainya kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah Piala Menpora, Arema FC Ajak Komunikasi Tiga Daerah Malang Raya

Penyelenggaraan Piala Menpora 2021 ini juga telah mendapatkan izin dari pihak Kepolisian. Meski begitu, dalam praktiknya akan diberlakukan protokol kesehatan yang ketat karena pandemi Covid-19 masih terjadi di Tanah Air.

Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan

Dalam acara penyerahan izin penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021 kepada PSSI dan PT. LIB, Jumat (19/2/2021), Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, menerangkan bahwa kompetisi ini penting untuk dijadikan tolok ukur. Sebab, jika penyelenggaraan turnamen pramusim berjalan lancar, maka Liga 1 dan Liga 2 bisa digulirkan setelahnya.

Baca juga: Bali United Antusias Sambut Piala Menpora 2021

“Sekarang izinnya sudah keluar, berkat kerja kita bersama. Kerja sama inilah yang saya kira menjadi modal utama kita. Izin ini adalah izin untuk turnamen pramusim, yang durasinya pendek, tetapi ini sangat menentukan nasib kompetisi (Liga 1 dan Liga 2),” ujar Zainudin Amali dalam acara tersebut.

“Kalau turnamennya (Piala Menpora RI 2021) bisa kita jaga dengan baik. Terlaksana sesuai dengan komitmen, dengan apa yang telah disiapkan pengelola turnamen, insya Allah saya yakin pihak kepolisian akan memberikan izin (untuk Liga 1 dan Liga 2),” sambungnya.

“Ini bukan hanya tanggung jawab Menpora saja, PSSI saja, PT. LIB saja, tapi tanggung jawab seluruh dari kita. Maka dari itu saya senang beberapa hari ini telah muncul kampanye-kampanye mandiri dilaksanakan oleh para suporter dengan tagar nonton di rumah saja,” imbuh Zainudin Amali.

Beberapa aturan yang diberlakukan dalam penyelenggaraan Piala Menpora 2021 adalah melarang suporter untuk datang ke stadion untuk menghindari kerumunan. Bahkan, kegiatan nonton bareng (nobar) juga diminta untuk tidak dilaksanakan.

Pembukaan Liga 1 2020

Dengan kata lain, masyarakat diimbau untuk menonton dari rumah masing-masing. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dikhawatirkan adanya kerumunan akan menimbulkan cluster baru yang memperburuk situasi.

Berikut pembagian Grup turnamen Piala Menpora 2021:

Grup A (Solo): Bali United, PSM Makassar, tuan rumah Bhayangkara Solo FC, Persita Tangerang dan Persela Lamongan.

Grup B (Bandung): Persib Bandung, Madura United, Borneo FC, Persebaya Surabaya dan Persik Kediri.

Grup C (Sleman): Persija Jakarta, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja dan PSMS Medan.

Grup D (Malang): Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, PS TIRA-Persikabo dan Sriwijaya FC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini