Sebut Juventus Layak Dapat Penalti, Pirlo Kesal dengan Penjelasan Wasit

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 261 2364099 sebut-juventus-layak-dapat-penalti-pirlo-kesal-dengan-penjelasan-wasit-n16Uq2cByg.JPG Wasit Carlos del Cerro Grande memberi garis penanda (Foto: Reuters/Pedro Nunes)

PORTO – Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyebut kesebelasannya layak mendapatkan hadiah penalti pada menit-menit akhir laga kontra FC Porto di leg I Babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021. Ia semakin kesal karena wasit Carlos del Cerro Grande tidak mau meninjau ulang lewat VAR.

Juventus harus menelan pil pahit dalam lawatannya ke Portugal. Si Nyonya Tua tumbang dengan skor tipis 1-2 dari FC Porto. Hasil negatif itu tak perlu terjadi seandainya tim tamu mendapatkan hadiah penalti di menit-menit akhir.

Baca juga: Juventus Takluk 1-2 dari Porto, Cristiano Ronaldo Murka Tak Diberi Penalti

Ya, jelang laga berakhir, Zaidu terlihat menyentuh Cristiano Ronaldo di kotak terlarang. Namun, wasit Carlos del Cerro Grande bergeming dan mengacuhkan klaim pelanggaran. Alhasil, pesepakbola berpaspor Portugal itu murka.

Cristiano Ronaldo merasa dilanggar (Foto: Reuters/Pedro Nunes)

Perasaan yang sama turut diungkapkan Andrea Pirlo. Pria berkebangsaan Italia itu kesal karena menurutnya insiden tersebut layak diganjar hukuman penalti. Pirlo semakin sebal mendengar keterangan dari wasit asal Spanyol itu.

Baca juga: Pelatih FC Porto Sebal Juventus Curi Gol Tandang

“Buat saya, itu jelas penalti. Wasit memberi penjelasan, pertandingan sudah berakhir dan tidak perlu ada peninjauan ulang,” terang Andrea Pirlo, sebagaimana dimuat Tuttomercato, Kamis (18/2/2021).

“Sungguh aneh. Bahkan, setelah pertandingan Anda harus punya keberanian dan melihatnya lagi,” sungut pria berusia 41 tahun itu.

Sesuai aturan, wasit sebetulnya wajib meninjau ulang apakah kontak tersebut layak diganjar penalti atau tidak. Situasi tersebut pernah terjadi pada laga Liga Inggris 2020-2021 antara Brighton & Hove Albion vs Manchester United.

Ketika itu, wasit sudah meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Namun, pemain-pemain Man United yang dipimpin kapten Harry Maguire, terus mengklaim adanya pelanggaran handball. Wasit kemudian mendapat bisikan dari petugas VAR untuk melihat tayangan ulang.

Brighton vs Man United juga diwarnai penalti di menit akhir

Sejurus kemudian, wasit menunjuk titik putih sekali pun peluit panjang sudah berbunyi. Bruno Fernandes lantas berhasil mengonversi penalti menjadi gol kemenangan Man United atas Brighton dengan skor 3-2.

Kembali ke Juventus, kekalahan 1-2 sesungguhnya belum mengubur peluang untuk lolos. Anak asuh Andrea Pirlo hanya perlu menang tipis 1-0 pada leg kedua di Turin, 10 Maret 2021 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini