RB Leipzig vs Liverpool, Jurgen Klopp Jago Singkirkan Wakil Jerman di Kompetisi Eropa

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 261 2362241 rb-leipzig-vs-liverpool-jurgen-klopp-jago-singkirkan-wakil-jerman-di-kompetisi-eropa-AQfcm0Yu4w.jpg Jurgen Klopp momok menakutkan bagi klub asal Jerman di kompetisi antarklub Eropa. (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOL akan menghadapi RB Leipzig di leg I babak 16 besar Liga Champions 2020-2021, Rabu 17 Februari 2021 pukul 03.00 WIB. Sejatinya laga akan digelar di markas RB Leipzig yakni Red Bull Arena.

Namun, karena otoritas Jerman (asal negara RB Leipzig) melarang penerbangan dari Inggris ke negaranya imbas Covid-19, laga pun gagal digelar di Red Bull Arena. Alhasil, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) memindahkan pertandingan ke tempat netral, tepatnya Budapest, Hungaria.

RB Leipzig

(RB Leipzig gagal bermain di kandang sendiri saat menghadapi Liverpool)

Mentas di tempat netral merupakan keuntungan bagi The Reds –julukan Liverpool. Liverpool bisa mengambil keuntungan di leg I untuk kemudian menggila pada pertemuan kedua yang dilangsungkan di kandang sendiri, Stadion Anfield.

Selain keuntungan di atas, ada faktor lain yang membuat Liverpool berpotensi menyingkirkan RB Leipzig. Faktor yang dimaksud adalah keberadaan sang pelatih, Jurgen Klopp.

Semenjak menangani Liverpool pada Oktober 2015, Jurgen Klopp menghadapi dua klub asal Jerman di kompetisi antarklub Eropa. Tidak tanggung-tanggung, dua klub yang dihadapi merupakan tim terkuat di Jerman, yakni Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

BACA JUGA: Jadwal 16 Besar Liga Champions Pekan Ini: Barcelona vs PSG, RB Leipzig Hadapi Liverpool

Hebatnya, Jurgen Klopp sanggup menyingkirkan dua klub di atas! Die Borussen –julukan Dortmund– merupakan yang pertama dikalahkan Liverpool.

Momen itu tercipta di babak perempatfinal Liga Eropa 2015-2016. Dalam leg I yang digelar di markas Dortmund, skor sama kuat 1-1. Mendapatkan hasil imbang di laga pertama, praktis meringankan beban Liverpool saat gantian menjadi tuan rumah.

Jurgen Klopp

(Jurgen Klopp berpengalaman menyingkirkan klub asal Jerman)

Namun, kenyataannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ketika pertandingan memasuki menit 57, Liverpool tertinggal 1-3 dari Dortmund. Untuk lolos ke semifinal, Liverpool wajib menang 4-3 dan otomatis mereka harus mencetak tiga gol tambahan di waktu tersisa.

Benar saja, Liverpool sanggup melakukannya, yang mana gol kemenangan Liverpool diciptakan Dejan Lovren di masa injury time, tepatnya di menit 90+1. Liverpool menang 4-3 dan lolos ke semifinal dengan agregat 5-4.

Kemudian Bayern Munich, Liverpool menyingkirkan Die Roten di babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 dengan agregat 3-1. Setelah bermain 0-0 di Anfield, Liverpool menang di 3-1 di kandang Bayern. Karena itu, Liverpool memiliki peluang besar untuk lolos ke perempatfinal Liga Champions 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini