Kacau, Barcelona Utang Rp1 Triliun kepada Lionel Messi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 05:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 46 2354797 kacau-barcelona-utang-rp1-triliun-kepada-lionel-messi-gPN7tOxFyg.jpg Lionel Messi (Foto: Reuters)

BARCELONA – Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini Barcelona sedang mengalami krisis keuangan. Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat klub berjuluk Blaugrana itu mendapatkan pemasukan yang jauh lebih kecil dari yang biasanya.

Berdasarkan laporan yang beredar, angka utang Barcelona meningkat menjadi 1,173 miliar euro. Tagihan gaji dari para pemain dan seluruh pegawai Barcelona menyumbang 74 persen dari seluruh pemasukan klub.

Baca juga: Bayern Munich Bantah Bakal Bajak Sergio Ramos dari Real Madrid

Kondisi ini pada akhirnya membuat Barcelona harus membujuk para pemain dan karyawan mereka untuk melakukan pemotongan gaji guna menyeimbangkan neraca keuangan. Akan tetapi, ide pemotongan gaji tersebut ditentang oleh para pemain dan karyawan.

Barcelona

Mereka tidak setuju jika gaji mereka harus dipotong. Meski begitu, para pemain dan karyawan tersebut bersedia gaji yang mereka terima untuk saat ini tidak penuh. Mereka baru akan mendapat bayaran seutuhnya ketika kondisi keuangan klub telah membaik.

Baca juga: Usai Beli Ben Davies, Liverpool pun Resmi Pinjam Ozan Kabak dari Schalke 04

Bisa dibilang, saat ini utang Barcelona berasal dari tunggakan gaji pemain, termasuk sang megabintang Lionel Messi. Disebutkan bahwa Barcelona seharusnya membayarnya 72 juta euro atau sekira Rp1,21 triliun kepada Messi sebelum akhir Januari 2021.

Kendati demikian, baru 8,5 juta euro (Rp144 miliar) yang telah dibayarkan. Itu berarti, Blaugrana masih memiliki utang sebesar 63,5 juta euro (Rp1,075 triliun) kepada Messi, yang meliputi pembayaran untuk gaji dan hak citra.

Messi sendiri memang telah menandatangani kesepakatan fantastis dengan Barcelona saat ia memperbarui kontraknya pada 2017. Disebutkan bahwa dalam jangka waktu empat musim, terhitung sejak tanda tangan kontrak pada 2017, Messi akan menerima uang sebesar 555 juta euro.

Berbicara soal kontrak, masa bakti Messi di Barcelona sejatinya hanya akan sampai 30 Juni 2021. Hingga saat ini belum ada pembicaraan mengenai kontrak baru lantaran Barcelona masih mengalami kekosongan kekuasaan (belum ada presiden baru yang terpilih).

Lionel Messi

Maka dari itu, masih menjadi pertanyaan di mana Messi akan merumput musim depan. Klub-klub tajir seperti Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City sejatinya selalu memantau situasi Messi.

Kembali ke kondisi keuangan Barcelona, mereka juga memiliki utang terhadap pemain mereka yang lainnya. Akan tetapi, penundaan pembayaran gaji pemain ini membuat Blaugrana berhasil menyelamatkan 172 juta euro (Rp2,9 triliun).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini