5 Pesepakbola Muslim yang Pernah Bangun Masjid, Nomor 1 Cetak Sejarah

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 51 2347975 5-pesepakbola-muslim-yang-pernah-bangun-masjid-nomor-1-cetak-sejarah-Qh2IEXq14v.jpg Sadio Mane dikenal sebagai penganut Islam yang taat. (Foto: Daily Mail)

PENDAPATAN sebagai pesepakbola sangat menggiurkan. Ambil contoh winger Liverpool, Mohamed Salah. Pesepakbola berpaspor Mesir itu memiliki pendapatan mencapai 200.000 pounds atau sekira Rp3,8 miliar per pekan!

Memiliki pendapatan superbesar, tidak membuat Mohamed Salah lupa bersedekah atau menyisihkan gajinya untuk hal yang positif. Top skor Liga Inggris 2017-2018 dan 2018-2019 itu diketahui pernah menyisihkan pendapatannya untuk membangun tempat ibadah, lebih tepatnya masjid.

Ternyata bukan hanya Mohamed Salah, pesepakbola muslim yang diketahui pernah membangun masjid. Siapa saja?

Berikut 5 pesepakbola muslim yang pernah bangun masjid:

5. Sadio Mane

Sadio Mane

Sadio Mane lahir di Sedhiou, Senegal. Tahu kota kelahirannya agak tertinggal ketimbang daerah lain di Senegal, Sadio Mane pun menggerakkan hatinya. Pemain andalan Liverpool itu diketahui membangun sejumlah infrastruktur penting di Senegal. Tidak hanya rumah sakit, Mane juga mengeluarkan uangnya untuk membangun masjid.

Tidak sampai di situ, Sadio Mane juga membangun sekolah di negara asalnya. Untuk membangun sekolah ini, Mane diperkirakan mengeluarkan 250 ribu pounds atau sekira Rp4,81 miliar!

4. Demba Ba

Demba Ba

(Demba Ba (tengah).

Nama Demba Ba terasa menyakitkan di hadapan pendukung Liverpool. Sebab, akibat golnya ke gawang Liverpool di pekan ke-36 Liga Inggris 2013-2014, The Reds –julukan Liverpool–tumbang 0-2 dari Chelsea. Akibat kekalahan tersebut, Liverpool gagal juara Liga Inggris 2013-2014.

BACA JUGA: Ini 3 Pemain Muslim yang Cetak Sejarah di Man United, Amad Diallo Menyusul?

Terlepas dari kesuksesannya sebagai pesepakbola, Demba Ba dikenal penganut Islam yang taat. Menurut laman About Islam, Demba Ba membangun sebuah masjid di kampung halamannya yang berada di Senegal.

3. Mohamed Salah

Mohamed Salah

Mohamed Salah bangga menunjukkan identitasnya sebagai orang Islam. Hampir tiap kali berselebrasi setelah mencetak gol, Mohamed Salah melakukan salah satu gerakan dalam salat, yakni sujud.

Menurut laporan Calciomercato, Mohamed Salah pernah membangun masjid tatkala masih membela Fiorentina. Mohamed Salah membuat masjid di wilayah Tuscany, Kota Florence yang notabene markas Fiorentina.

2. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele pernah berstatus sebagai pemain termahal yang didatangkan Barcelona. Pemain asal Prancis itu didatangkan Barcelona dari Borussia Dortmund pada musim panas 2017 seharga 130 juta euro atau setara Rp2,2 triliun!

Semenjak gabung Barcelona, pendapatan Ousmane Dembele pun meningkat. Namun, ia tak lupa bersedekah. Menurut laporan About Islam, Dembele membangun masjid di negara leluhurnya, Mauritania, kelar Piala Dunia 2018.

1. Frederic Kanoute

Ferederic Kanoute

Mantan penyerang asal Mali, Frederic Kanoute, membangun masjid di Kota Sevilla, Spanyol. Menggunakan kampanye "Kanoute 4 Seville Mosque”, ia sanggup mengumpulkan dana USD1 juta atau setara Rp14 miliar.

Kemudian, uang tersebut digunakan Kanoute untuk membangun masjid. Sekadar informasi, masjid yang dibangun tersebut merupakan yang pertama di Kota Sevilla, setidaknya dalam 700 tahun terakhir.

"Di sini di Sevilla, dengan komunitas Muslim yang terus tumbuh, saya pikir menjadi perlu untuk memiliki tempat yang lebih besar. Jadi sekarang saya pikir inilah saatnya bagi mereka untuk memiliki tempat ibadah yang lebih bermartabat,” ujar Kanoute, mengutip dari The National.

“Namun, (Masjid) tidak hanya bagi seluruh komunitas untuk berkumpul bersama dan terutama generasi berikutnya sehingga mereka tidak hanya dapat belajar agama, melainkan juga untuk memahami bahwa komunitas harus bersatu dan menjadi semacam ruang dialog multikultural antar komunitas," jelasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini