5 Pemain yang Kariernya Menurun Setelah Gabung Barcelona

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 46 2346790 5-pemain-yang-kariernya-menurun-setelah-gabung-barcelona-d1vsiu9j7d.jpg Ousmane Dembele. (Foto: Twitter/@fcbarcelona)

SEJUMLAH pesepakbola pasti mengimpikan bermain untuk klub besar, seperti Barcelona. Tak ayal, jika tawaran itu datang, mereka langsung mengiyakannya tanpa memikirkan adanya risiko namanya meredup lantaran berada di deretan para pemain bintang.

Beberapa pemain pun turut merasakannya saat pindah ke Barcelona. Tantangan besar dan ekspektasi tinggi yang datang saat bermain di Barcelona membuat beberapa pemain gagal sukses. Siapa saja? Berikut lima pemain yang kariernya menurun setelah gabung Barcelona.

5. Ibrahim Afellay

Salah satu pemain yang kariernya menurun setelah gabung Barcelona ialah Ibrahim Afellay. Dia hanya tampil di 34 pertandingan selama tiga tahun kebersamaannya dengan Barcelona.

Ibrahim Afellay

Ibrahim Afellay sejatinya adalah salah satu pemain muda dengan rating tertinggi di PSV Eindhoven. Tetapi, dia gagal menunjukkan potensinya di Barcelona setelah berjuang untuk memantapkan diri di tim utama Blaugrana -julukan Barcelona.

Ditandatangani pada Januari 2011, pemain sayap asal Belanda itu kesulitan mendapat jam bermain di bawah asuhan Josep Guardiola. Alhasil, karier Afellay terus menurun. Bahkan masa peminjaman ke Schalke dan Olympiacos gagal menghidupkan kembali kariernya.

4. Alex Song

Berikutnya, ada nama Alex Song. Pemain asal Kamerun itu secara luas dianggap sebagai salah satu transfer paling membingungkan oleh Barcelona. Ia kerap menunjukkan penampilan buruk hingga memengaruhi kariernya dalam jangka panjang.

Alex Song

Alex Song tidak pernah lagi menampilkan performa yang mendorongnya menjadi bintang. Dalam dua tahun yang dihabiskannya di Liga Spanyol, Song hanya membuat 39 penampilan, sebagian besar dari bangku cadangan.

Dia tidak bisa menyesuaikan diri dengan filosofi bermain Barcelona. Alhasil, Barcelona pun kembali melepasnya ke Liga Inggris. Alex Song bergabung ke West Ham pada 2014.

3. Andre Gomes

Kemudian, nama Andre Gomes juga masuk daftar pemain yang kariernya menurun setelah gabung Barcelona. Punya bakat gemilang, Andre Gomes sayangnya gagal memenuhi potensinya saat bermain di Barcelona.

Andre Gomes

Beberapa musim yang mengesankan di Valencia diikuti oleh penampilannya yang memukau bersama Portugal di Euro 2016 meyakinkan Barcelona untuk mengeluarkan 35 juta euro untuk Andre Gomes. Itu seharusnya menjadi batu loncatan besar dalam kariernya yang masih muda.

Namun, setelah awal yang positif dengan menyumbangkan dua gol di Piala Super Spanyol, performa Gomes secara spektakuler menukik. Gelandang asal Portugal itu kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona.

2. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele juga dinilai mengalami penurunan karier sejak pindah dari Borussia Dortmund ke Barcelona. Diganggu dengan cedera yang berulang, pemain asal Prancis itu gagal mencapai potensi penuhnya di Barcelona setelah absen dalam waktu yang lama.

Ousmane Dembele

Dembele telah melewatkan 80 pertandingan mengejutkan sejak tiba di Catalunya tiga tahun lalu. Karena cedera hamstring yang parah, Dembele hanya tampil 10 kali untuk klub sejak awal musim 2019-2020.

Meski begitu, Dembele sejatinya tetap tampil mengesankan. Tapi, catatan kesehatan yang sangat buruk sejauh ini telah membuat bintang itu tidak bisa mencapai karier yang tinggi.

1. Arda Turan

Terakhir, ada nama Arda Turan. Dia tidak pernah tampil secara konsisten di Barcelona karen masalah cedera yang kerap membekuknya. Padahal, Arda Turan disebut-sebut bakal menjadi The Next Xavi Hernandez setelah tiba di Barcelona pada 2016.

Arda Turan

Bintang Turki yang dikontrak 34 juta euro dari Atletico Madrid itu telah membuktikan sebagai salah satu gelandang serang paling lengkap dan tangguh di bawah asuhan Diego Simeone. Tetapi, dia tidak bisa memenuhi reputasinya yang tinggi di Barcelona.

Setelah menunggu selama enam bulan untuk melakukan debutnya karena embargo transfer Barcelona, ‚Äč‚ÄčTuran gagal mendapatkan tempat awal di bawah asuhan Luis Enrique. Dia hanya 14 kali menjadi starter selama musim penuh pertamanya pada 2016-2017. Musim berikutnya, Turan benar-benar absen karena cedera punggung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini