Shin Tae-yong Harap Liga 1 Kembali Bergulir Secepatnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 49 2344624 shin-tae-yong-harap-liga-1-kembali-bergulir-secepatnya-QS1ll5O16D.jpg Shin Tae-yong berharap Liga 1 dilanjutkan (Foto: PSSI)

JAKARTA – Pentingnya kompetisi sepakbola domestik diungkap Manajer dan Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong. Pria berkebangsaan Korea Selatan itu berharap Liga 1 dan Liga 2 dapat kembali bergulir dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 sudah terhenti sejak 15 Maret. Penghentian sementara waktu itu terkait dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia. PSSI dan PT LIB sempat merencanakan kompetisi kembali bergulir pada Oktober dan November 2020.

Sayangnya, hingga saat ini, nasib kompetisi belum menemui titik terang. Sebab, izin keramaian yang disyaratkan untuk menggelar pertandingan sepakbola, belum juga diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Baca juga: Komentar Menpora soal Kelanjutan Liga 1 2020

Pembukaan Liga 1 2020 (Foto: PSSI)

Di tengah ketidakpastian itu, Shin Tae-yong berharap Liga 1 dan Liga 2 dapat bergulir kembali. Dengan adanya pertandingan, pemain dapat merasakan atmosfer kompetisi lagi. Jangan lupa bahwa muara dari kompetisi adalah tim nasional yang berkualitas.

“Tentu saja, sebagai pelatih Timnas Indonesia, saya ingin Liga 1 dan Liga 2 segera bergulir. Hal ini sangat penting karena saya bisa memantau para pemain dan melihat perkembangan mereka,” ujar Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (14/1/2021).

“Karena melalui kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ujung kompetisi itu tim nasional. Ini beda dengan hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub,” tegas pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong berharap agar semua pihak bisa mendukung PSSI dalam upaya melanjutkan kembali kompetisi sepakbola pada awal 2021. Apalagi, keberadaan Liga 1 dan Liga 2 dapat mempermudah pekerjaannya sebagai pelatih timnas.

“Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2, bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan?” tanya Shin Tae-yong.

“Kompetisi merupakan jantung pembinaan. Saya bisa saja mengambil pemain baru untuk skuad Timnas U-19, U-23, mau pun senior nantinya (dari pemantauan di liga),” tutup pria kelahiran Yeongdeok itu.

Suasana latihan Timnas Indonesia U-23

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyerahkan keputusan pada Polri. Sebab, surat resmi sudah dikirimkan sebanyak tiga kali kepada pihak kepolisian. Apa pun keputusan Polri nantinya, PSSI akan tetap patuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini