Lionel Messi dan 3 Pemain Senior Barcelona Tolak Xavi sebagai Pelatih

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 46 2335659 lionel-messi-dan-3-pemain-senior-barcelona-tolak-xavi-sebagai-pelatih-x2T400mYdM.jpg Lionel Messi dan Xavi Hernandez (Foto: Barcelona)

BARCELONA – Wacana Manajemen Barcelona untuk mendapuk Xavi Hernandez sebagai pelatih di masa depan tampaknya menemui hambatan berarti. Pasalnya, pria asal Spanyol itu kemungkinan besar ditolak oleh empat penggawa senior Blaugrana, termasuk sang megabintang Lionel Messi.

Nama Xavi Hernandez memang lekat dengan Barcelona. Ia sudah menjadi bagian dari klub raksasa Spanyol itu sejak di akademi La Masia sebelum debut pada 1998 di bawah asuhan Louis van Gaal. Total, Xavi Hernandez bermain sebanyak 767 kali dengan sumbangan 85 gol dan 184 assist.

Pria yang kini berusia 40 tahun itu sempat disangkutpautkan dengan Barcelona pada Januari 2020. Ketika itu, Barcelona ingin mencari pelatih baru untuk menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat. Sayangnya, Xavi Hernandez menolak pinangan bekas klubnya.

Baca juga: Ronald Koeman Sebut Nama Lionel Messi, Pochettino dan PSG, Ada Apa?

Xavi Hernandez mengasuh Al Saad di Qatar

Walau sudah ditolak, sejumlah kandidat Presiden Barcelona tetap menggaungkan nama Xavi Hernandez sebagai pelatih berikutnya. Sekali pun saat ini dilatih Ronald Koeman, pria asal Belanda itu mungkin saja dipecat pada musim panas mendatang, seturut pergantian rezim di manajemen.

Tuah Xavi Hernandez sendiri sudah terbukti dengan mengantar Al Sadd FC menjuarai Piala Qatar, Piala Emir Qatar, dan Piala Super Qatar dalam dua tahun terakhir. Tangan dinginnya mampu menyulap Al Sadd bermain layaknya Barcelona di era Pep Guardiola yang terkenal dengan gaya tiki taka.

Jelas saja, tandem Andres Iniesta di lini tengah itu sangat diminati para kandidat Presiden Barcelona. Namun, wacana itu berpotensi mengganggu harmoni di ruang ganti klub. Dilaporkan Diario Gol, Selasa (29/12/2020), sedikitnya empat pemain senior, termasuk Lionel Messi, menolak kehadiran Xavi!

Menariknya lagi, keempat pemain itu merupakan bekas rekan setim Xavi Hernandez sendiri semasa bermain untuk Barcelona. Selain Lionel Messi, tiga pemain lainnya adalah Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Jordi Alba.

Benang merah bisa ditarik dari keempatnya, yakni sudah memasuki fase akhir karier. Selain Lionel Messi yang masa depannya belum jelas karena habis kontrak pada Juni 2021, Pique, Alba, dan Busquets, masih memiliki beberapa tahun lagi dalam kontraknya.

Lionel Messi masih punya pengaruh di ruang ganti (Foto: Reuters)

Kehadiran Xavi Hernandez jelas bakal mengancam tempat ketiga pemain tersebut di skuad inti. Xavi diyakini akan melakukan revolusi besar-besaran dengan mengedepankan pemain muda didikan akademi La Masia, seperti yang lazim dilakukan Louis van Gaal, Frank Rijkaard, hingga Pep Guardiola.

Menguasai ruang ganti merupakan salah satu aspek krusial yang perlu dimiliki seorang pelatih. Andai empat pemain senior itu menolak kehadiran Xavi Hernandez, bukan tidak mungkin Barcelona justru mengalami kemunduran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini