Alasan Bek Persija Ryuji Utomo Gabung Klub Malaysia Penang FC

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 51 2320451 alasan-bek-persija-ryuji-utomo-gabung-klub-malaysia-penang-fc-VLdMtTaLMW.jpg Ryuji Utomo. (Foto/Persija Jakarta)

JAKARTA – Bek tengah Persija Jakarta, Ryuji Utomo resmi berseragam klub Malaysia, Penang FC pada Selasa 1 Desember 2020. Ryuji berlabuh ke klub Liga Malaysia itu dengan status pemain pinjaman selama semusim hingga Desember 2021 mendatang.

Ryuji mengungkapkan alasannya menerima pinangan Penang FC. Salah satunya ingin bermain secara reguler.

Foto/Persija Jakarta

Sebagaima diketahui kelanjutan Liga 1 2020 belum jelas. Operator liga, PT Liga Indonesia Baru dan PSSI tidak mendapatkan izin menyelanggarakan kompetisi, karena tidak mendapat izin dari kepolisian. Alasannya, kasus virus corona masih tinggi.

Baca juga: Tambah Persija, Tujuh Klub Liga 1 Lolos Lisensi AFC 

Liga 1 2020 dihentikan pada Maret 2020 silam. Awalnya, liga akan dilanjutkan pada Oktober lalu, namun diundur pada November. Kemudian akan dilanjutkan pada Januari tahun depan. Nama Liga 1 pun berubah, menjadi Liga 1 2020-2021.

Ketidakjelasan Liga 1 membuat Ryuji menerima Penang FC. Pemain berusia 25 tahun mengatakan bahwa sebagai pesepakbola harus mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

“Saya sebagai pemain sepakbola profesional, saya tentu ingin berkompetisi secara reguler dan juga mencari ilmu karena karier sepakbola tidak banyak, jadi tentu harus mencari jam terbang sebanyak-banyaknya, pengalaman dan terur belajar,” tuturnya kepada Channel YouTube Persija, yang dikutip Rabu (2/12/2020)

“Sebagai pemain asing di negara lain bisa belajar banyak, saya bisa kembangkan skil dan mental.”

Di manapun yang penting mindset, mental kita harus bulat. Saya pergi ke sana bukan untuk jalan-jalan atau mencari teman, tapi mencari ilmu, pengalaman serta,” tambahnya.

Meski meninggalkan Persija, Ryuji berharap agar Liga 1 bisa segera kembali bergulir. Dia menegaskan akan kembali memerpkuat tim berjuluk Macan Kemayoran.

“Semoga persija meraih sebanyak-banyak gelar juara, terus jaya dan kompetisi segera bergulir. Tunggu gua, gua akan kembali,” ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini