Tambah Persija, Tujuh Klub Liga 1 Lolos Lisensi AFC

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 30 November 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 49 2319005 tambah-persija-tujuh-klub-liga-1-lolos-lisensi-afc-A2U9G4OUok.jpg Persija Jakarta (Foto: Laman resmi Persija)

JAKARTA – PSSI melalui twitter-nya (@PSSI) mengonfirmasi tujuh klub Liga 1 2020 yang lolos lisensi AFC. Ketujuh klub itu adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, Persib Bandung, Arema FC, dan Persija Jakarta.

Sebelumnya, PSSI mengumumkan enam klub Liga 1, yang lolos lisensi AFC tahun ini, pada Sabtu 21 November 2020. Tidak ada nama Persija di antara enam klub tersebut.

Persija Jakarta (Foto: Laman resmi Persija)

Namun, Persija secara resmi mengajukan banding pada Kamis 26 November 2020. Komite Banding Club Licensing pun melakukan rapat untuk memutuskan status Macan Kemayoran –julukan Persija.

Menurut Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, berdasarkan rapat Komite Banding Club Licensing permohonan banding PT Persija Jaya Jakarta diterima. Dengan demikian, Persija mendapatkan lisensi AFC mengikuti jejak enam klub lainnya.

BACA JUGA: Persija Jakarta Izinkan Pemain Bermain di Luar Negeri

“Itu tidak terlepas dari akibat ketidaksempurnaan dari manajemen PT Persija Jaya Jakarta pada saat proses club licensing sebelumnya. Terlebih lagi, ada kesalahan input dokumen pada sistem club licensing. Akan tetapi, tentunya, kami PSSI menerima segala masukan, dokumen, bukti yang ada,” kata Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI, Senin (30/11/2020).

Sebayak tujuh klub yang lolos lisensi AFC, telah memenuhi lima aspek penilaian. Kelima aspek tersebut mencakup olahraga, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, dan finansial.

Benefit bagi klub-klub yang lolos lisensi AFC, adalah berhak berpartisipasi di kompetisi resmi AFC, Liga Champions Asia dan Piala AFC. Oleh sebab itu, PSSI mengucapkan selamat kepada ketujuh klub yang telah lolos lisensi AFC melalui twitter-nya.

Borneo FC

“AFC Club Licensing Cycle 2020 telah selesai. Di masa pandemi akibat Covid-19, AFC memperpanjang masa pengumpulan dokumen hingga 13 November 2020. Dari 18 klub Liga 1 yang terlibat, 7 klub mendapatkan Lisensi Klub Profesional. Selamat!” tulis PSSI di twitter-nya, Senin (30/11/2020).

Jumlah klub Liga 1 yang lolos Lisensi AFC sekarang lebih banyak ketimbang tahun lalu. Sebelumnya, hanya enam klub yang lolos, yaitu Arema, Persebaya Surabaya, Persib, Persija, Persipura, dan PSM Makassar. Posisi Persebaya dan PSM digantikan oleh Bali United, Bhayangkara Solo FC dan Borneo FC pada tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini