Juventus Sulit Menang Tanpa Cristiano Ronaldo, Luciano Moggi: Mereka dalam Masalah

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 30 November 2020 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 47 2318994 juventus-sulit-menang-tanpa-cristiano-ronaldo-luciano-moggi-mereka-dalam-masalah-hbITlTH2iD.jpg Adrien Rabiot (bawah) saat dijatuhkan pemain Benevento. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

TURIN – Mantan direktur umum Juventus, Luciano Moggi, menilai mantan timnya berada dalam masalah. Dibilang begitu karena tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo, Juventus gagal menang saat dihadapkan tim-tim medioker seperti Crotone dan Benevento.

Statistik musim ini menunjukkan Juventus meraih hasil buruk ketika tidak diperkuat Cristiano Ronaldo. Tercatat ketika Cristiano Ronaldo absen musim ini di Liga Italia, Bianconeri –julukan Juventus– tidak pernah menang, yang mana hanya meraih hasil imbang.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo saat berbincang dengan Pirlo)

Padahal, lawan yang dihadapi Juventus hanya tim-tim medioker seperti Crotone, Hellas Verona dan Benevento. Hal berbeda ketika Juventus diperkuat Cristiano Ronaldo.

Dari enam pertandingan Liga Italia 2020-2021, Juventus meraup empat menang dan dua imbang. Total dari jumlah laga di atas, Cristiano Ronaldo mencetak delapan gol untuk Juventus di Liga Italia 2020-2021.

Fans garis keras Juventus, awalnya tidak suka dengan penyematan di atas. Dalam pandangan mereka, sebelum Cristiano Ronaldo datang, Juventus juara Liga Italia tujuh musim beruntun dan dua kali lolos ke final Liga Champions (2014-2015 dan 2016-2017).

BACA JUGA: Tanpa Cristiano Ronaldo, Juventus Takkan Lolos ke Liga Champions

Namun, perlahan-lahan fans Juventus mulai paham tim kesayangannya bergantung kepada Cristiano Ronaldo. Karena itu, tugas pelatih Juventus Andrea Pirlo untuk mendongkrak kualitas timnya ketika tidak diperkuat Cristiano Ronaldo.

“Juventus saat ini tidak sempurna. Ronaldo menjadi pemain penting di tim mana pun. Namun, ketika Juventus gagal mengalahkan Crotone dan Benevento, berarti mereka dalam masalah,” kata Luciano Moggi mengutip dari Calciomercato, Senin (30/11/2020).

Juventus

(Juventus ditahan Benevento 1-1)

Ketergantungan Juventus kepada Cristiano Ronaldo karena ketiadaan pemain top di lini depan Juventus? Luciano Moggi tidak berpikir demikian. Dalam pandangan pria 83 tahun itu, dua pemain depan Juventus Alvaro Morata dan Paulo Dybala sudah bermain cukup baik.

Sekarang tugas Juventus dan Pirlo adalah mencari konsistensi permainan. Sebab, Pirlo masih kebingungan mencari komposisi terbaik. Terlebih, pola 4-4-2 yang kerap diandalkan dalam beberapa laga terakhir gagal memberikan hasil optimal, termasuk saat ditahan Benevento 1-1.

“Morata dan Dybala merupakan penyerang dengan tipe berbeda dan sama-sama berguna bagi tim. Masalah Juventus saat ini adalah mencari jalan kembali ke jalur sebagai tim hebat yang berani mengurung pertahanan lawan,” tutup Luciano Moggi yang dilarang FIGC berkecimpung di persepakbolaan internasional seumur hidup, imbas melakukan Calciopoli (pengaturan skor) pada 2004 hingga 2006.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini