Tanpa Cristiano Ronaldo, Juventus Takkan Lolos ke Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 30 November 2020 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 47 2318987 tanpa-cristiano-ronaldo-juventus-takkan-lolos-ke-liga-champions-MqQXX8NVtS.jpg Juventus tak pernah menang tanpa Cristiano Ronaldo di Liga Italia. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

TURIN – Salah satu jurnalis olahraga Italia, Stefano Discreti, memberi analisisnya terkait performa Juventus musim ini. Ia menilai jika tidak ada Cristiano Ronaldo, Juventus takkan lolos ke Liga Champions musim depan.

Statistik musim ini menunjukkan Juventus kerap meraih hasil buruk ketika tidak diperkuat Cristiano Ronaldo. Tercatat ketika Cristiano Ronaldo absen musim ini, Bianconeri –julukan Juventus– tidak pernah menang, yang mana hanya meraih hasil imbang.

Juventus

(Juventus hanya bermain 1-1 kontra Benevento)

Padahal, lawan yang dihadapi Juventus hanya tim-tim medioker seperti Crotone, Hellas Verona dan Benevento. Hal berbeda ketika Juventus diperkuat Cristiano Ronaldo.

Dari enam pertandingan Liga Italia 2020-2021, Juventus meraup empat menang dan dua imbang. Total dari jumlah laga di atas, Cristiano Ronaldo mencetak delapan gol untuk Juventus di Liga Italia 2020-2021.

Jumlah laga yang dijalani Cristiano Ronaldo di Liga Italia 2020-2021 sebenarnya baru lima. Sebab, satu laganya lagi, Juventus dan Cristiano Ronaldo tidak merumput karena mereka dinyatakan menang WO 3-0 atas Napoli.

BACA JUGA: Bawa-Bawa Madrid, Pirlo Tak Mau Juventus Terlalu Bergantung dengan Ronaldo

“Tanpa CR7, Juventus mungkin kesulitan mendapatkan posisi di zona Liga Champions. Kami terus memantau performa Juventus, baik dalam hal kualitas maupun kuantitas,” kata Stefano Discreti mengutip dari Calciomercato, Senin (30/11/2020).

Atas hasil kurang optimal sejauh ini, Juventus baru mengoleksi 17 angka hingga pekan kesembilan Liga Italia 2020-2021. Juventus sejauh ini tertinggal enam poin dari AC Milan di tangga teratas.

Cristiano Ronaldo

Lantas, apa yang membuat Juventus terlalu bergantung kepada Cristiano Ronaldo? Dalam pandangan Stefano Discreti, lini tengah Juventus musim ini merupakan yang terlemah dalam 10 tahun terakhir. Karena lemahnya lini tengah mereka, suplai ke lini depan jadi kurang optimal.

“Musim ini lini tengah Juventus terlemah dalam 10 tahun terakhir. Juventus mesti memperkuat lini tengah mereka,” lanjut Stefano Discreti.

Kepergian Miralem Pjanic ke Barcelona pada musim panas 2020, gagal diganti manajemen Juventus dengan pemain yang sepadan. Arthur Melo yang menjadi barter Pjanic belum menampilkan performa optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini