Koeman Heran Barcelona Bagus di Liga Champions, tapi Memble di Liga Spanyol

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 46 2318374 koeman-heran-barcelona-bagus-di-liga-champions-tapi-memble-di-liga-spanyol-HDpiRRE94m.JPG Para oemain Barcelona. (Foto: Reuters)

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman sampai saat ini masih belum mengetahui apa alasan pasti yang membuat timnya tampil sangat buruk di laga Liga Spanyol 2020-2021. Dari delapan laga yang sudah Barcelona mainkan di kompetisi tersebut, mereka tercatat baru merasakan tiga kemenangan.

Tiga laga sisanya berakhir dengan kekalahan dan dua laga Barcelona harus menerima hasil imbang. Gara-gara hal tersebut, kini Barcelona pun terjerembang di posisi ke-14 di Liga Spanyol dengan raihan 11 poin saja.

Hasil buruk itu jelas berbanding terbalik dengan apa yang terjadi dengan Barcelona di Liga Champions 2020-2021. Dalam empat pertandingan yang sudah mereka mainkan di Liga Champions, Blaugran justru mampu menghabisi semua laganya dengan kemenangan.

Baca Juga: Jelang Barcelona vs Osasuna, Koeman Berharap Banyak kepada Messi dan De Jong

Ronald Koeman

Bahkan saat melawan Juventus, Barcelona dapat menang dengan skor meyakinkan 2-0. Tentu hal tersebut membuat Koeman merasa heran.

Koeman heran karena kok bisa-bisanya Barcelona tampil bagus di Liga Champions, tapi bermain sangat buruk ketika bermain di kompetisi Liga Spanyol? Bila melihat pengamatan sekilas, Koeman merasa Barcelona tampil lebih percaya diri ketika bermain di Liga Champions.

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, Barcelona lantas dapat bermain baik. Itu yang bisa Koeman nilai untuk sekarang ini.

Faktor lawan pun dirasa Koeman memiliki peranan penting. Sebab ia merasa lawan-lawan Barcelona di Liga Spanyol jauh lebih sulit karena lebih banyak bermain dengan gaya formasi bertahan. Alhasil Barcelona kesulitan mengeluarkan permainan terbaik mereka.

Sementara di Liga Champions, lawan-lawan mereka seperti Juventus, Dynamo Kiev, dan Ferencvaros bermain lebih terbuka. Sehingga peluang Barcelona untuk menyerang sangat besar dan kemenangan pun jauh lebih mudah diraih.

Para pemain Barcelona

"Tidak mudah untuk mengetahui apa yang ada di balik perbedaan (permainan Barcelona) antara saat di Liga Champions dan La Liga. Bisa jadi (di Liga Spanyol) lawan kami bermain lebih defensif dan di Eropa, lawan kami jauh lebih terbuka,” ungkap Koeman, dikutip dari Marca, Minggu (29/11/2020).

"Baru di akhir musim nanti, kami baru bisa menilai apa yang sebenarnya sedang terjadi. Intinya tim benar-benar tidak pantas kehilangan poin sebanyak itu (di Liga Spanyol). Saya merasa kami lebih percaya diri bermain di Liga Champions,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini