Brylian Aldama ke Kroasia, Timnas Indonesia U-19 Makin Beraroma Eropa

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316636 brylian-aldama-ke-kroasia-timnas-indonesia-u-19-makin-beraroma-eropa-rdMMnT3ZSe.jpg Brylian Aldama (tengah) saat membela Garuda Select. (Foto: Instagram/@brylianaldamaa)

JAKARTA – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengonfirmasi Brylian Aldama akan bergabung dengan salah satu tim Kroasia, HNK Rijeka. Saat ini, Brylian Aldama sedang menyelesaikan sejumlah proses adminstrasi seperti paspor dan visa untuk kemudian berangkat ke Kroasia.

“Iya benar satu lagi pemain main Eropa,” kata Indra Sjafri kepada Okezone, saat diminta konfirmasi kabar kebenaran Brylian Aldama gabung HNK Rijeka, Kamis (26/11/2020).

Brylian Aldama

(Brylian Aldama akan gabung HNK Rijeka U-23. (Foto: Instagram/@brylianaldamaa)

Hanya saja, Brylian Aldama tidak langsung diplot di tim utama. Gelandang 18 tahun ini lebih dulu dimatangkan di tim U-23 HNK Rijeka. Kepastian Brylian Aldama ke Kroasia membuat skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 semakin beraroma Eropa.

Mengambil data pemain yang menjalani pemusatan latihan di Kroasia pada Agustus sampai Oktober 2020, setidaknya ada enam pemain Timnas Indonesia U-19 yang berkarier di Eropa. Selain Brylian Aldama, nama lainnya adalah Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris), Imam Zakiri (Gimnastica Ceuta, Spanyol), Luah Mahessa (Bonner SC U-19, Jerman), Kelana Mahessa (Bonner SC, Jerman) dan Witan Sulaeman (Radnik Surdulica).

Meski lebih dulu ditempatkan di tim muda, bukan alasan Brylian Aldama untuk berkecil hati. Momentum ini dapat dijadikan Brylian untuk menggarap banyak pengalaman di percaturan sepakbola Eropa.

BACA JUGA: Indra Sjafri Konfirmasi Pemain Timnas Indonesia U-19 Brylian Aldama Gabung HNK Rijeka

Dengan bermain di tim U-23, peluang Brylian Aldama tampil sebagai starter terbuka, ketimbang langsung ditempatkan di tim utama. Ambil contoh Egy Maulana Vikri yang didatangkan klub asal Polandia, Lechia Gdansk, pada musim panas 2018.

Saat itu, Egy Maulana Vikri awalnya lebih banyak diturunkan di tim cadangan. Namun, Egy Maulana Vikri tidak berkecil hati dan terbukti menjadi mesin gol tim cadangan Lechia Gdansk kala itu.

Egy Maulana Vikrie

(Egy Maulana Vikri saat turun di SEA Games 2019)

Ketika mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019, pengalaman Egy Maulana Vikri tampil di Eropa berarti penting bagi Timnas Indonesia U-22. Egy Maulana Vikri tercatat sebagai runner-up top skor Timnas Indonesia U-22 dengan koleksi empat gol.

Bahkan, ia mencetak satu gol saat Indonesia menang 2-0 atas Thailand di laga pertama fase grup. Sayangnya, Egy Maulana Vikri mengalami cedera di partai puncak saat Indonesia bersua Vietnam. Singkat kata, Indonesia tumbang 0-3 dari Vietnam.

Karena itu, menarik menanti kiprah pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 yang berkiprah di Eropa. Pengalaman mereka dibutuhkan Timnas Indonesia U-19 saat turun di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini