Sederet Tugas Wasit Sepakbola, Apa Saja?

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 51 2315440 sederet-tugas-wasit-sepakbola-apa-saja-zsSUNdVDZt.jpg Wasit sepakbola (Foto: Reuters)

SEBUAH pertandingan akan dikatakan adil jika ada seorang wasit yang mengaturnya. Begitu juga dengan sepakbola, di mana wasit yang merupakan pengadil pertandingan benar-benar diharapkan keberadaannya.

Lalu bagaimana tugas dari seorang wasit sepakbola. Bagi Anda penggemar sepakbola, tentu bukan hal asing lagi dengan istilah-istilah wasit, hakim garis, dan wasit cadangan. Ketiganya merupakan aspek penting dalam sepakbola yang memiliki peran masing-masing.

Wasit Sepakbola

Seorang wasit utama jelas memiliki peran yang lebih besar. Ia adalah seorang pemimpin pertandingan dan setiap keputusan di dalam lapangan akan ditentukan oleh wasit utama.

Ada empat tugas yang dilakukan wasit utama sebagai pemimpin pertandingan. Pertama, ia adalah orang yang menegakan dan menjalankan peraturan. Segala apa pun yang terjadi di dalam lapangan semua akan bergantung pada keputusan wasit.

Baca juga Parkir Bus, Taktik Andalan The Special One Jose Mourinho

Kedua, wasit juga dituntut untuk bersikap adil. Pada bagian ini, wasit ditugaskan untuk embuat keptusan yang memihak pada tim yang tidak memihak. Artinya siapa pun yang membuat pelanggaran, maka mereka harus mendapatkan hukuman.

Ketiga, mereka juga bertugas untuk membuat catatan jalannya pertandingan. Sementara tugas keempat adalah wasit si pembuat keputusan apakah tim tersebut berhak mendapatkan tendangan bebas atau pun penalti kepadaa sebuah tim.

Berikutnya ada seorang hakim garis. Tugas utama mereka tentu membantu tugas wasit dalam berpegang teguh pada peraturan-peraturan. Sesuai namanya, bantuan mereka ada pada sisi garis yang biasanya sulit terlihat oleh wasit utama.

Mereka harus memberikan isyarat kepada wasit untuk menentukan arah bola, bisa berupa lemparan bola ke dalam, tendangan sudut, dan tendangan bebas. Selain itu, ia juga membantu wasit untuk menentukan seorang pemain berada dalam posisi offside atau tidak.

Wasit Sepakbola

Selain wasit utama dan hakim garis, ada namanya wasit cadangan. Sesuai namanya yakni cadangan, tugas mereka adalah menjadi pengganti jika ada wasit atau hakim garis yang berhalangan.

Selebihnya, wasit cadangan membantu mengurus pergantian pemain, memberi isyarat pada wasit jika pertandingan sudah selesai, mengatur official dalam pemain pengganti, dan menerima isyarat dari wasit tentang penghentian pertandingan. Selain itu, ia juga memiliki suara untuk memberikan pendapat bila diminta oleh wasit utama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini