Total Football, Taktik Hebat yang Lahir di Belanda

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 51 2315171 total-football-taktik-hebat-yang-lahir-di-belanda-Aewc7TEqPZ.jpg Timnas Belanda (Foto: Reuters/Dean Mouhtaropoulos)

TOTAL football adalah taktik yang membawa sepakbola Belanda ke tangga kesuksesan. Menurut Sportskeeda, total football adalah permainan ofensif yang menitikberatkan pada pergerakan fleksibel dari setiap pemain sehingga sebuah tim memiliki penguasaan bola lebih banyak ketimbang lawan.

Setiap pemain memiliki peran saat membangun serangan dalam total football. Pergerakan dari setiap pemain akan membingungkan lawan sehingga serangan yang dibangun sulit digagalkan. Pergerakan pemain dan penguasaan bola adalah hal utama total football.

Rinus Michels (Foto: Sportskeeda)

Konsep total football pertama kali divisualisasikan oleh mantan manajer Ajax Amsterdam era 1920-an, Jack Reynolds. Jack Reynolds membangun tim dengan agresivitas tinggi dan dominan dalam penguasaan bola.

Reynolds memimpin Ajax untuk meraih banyak trofi domestik Belanda. Lalu, konsep total football Jack Reynolds dikembangkan oleh Rinus Michels.

BACA JUGA: Real Madrid Dinilai sebagai Pelabuhan Berikutnya Kylian Mbappe

Rinus Michels menjadikan total football sebagai taktik utama dalam permainan setiap tim yang dilatihnya. Sepanjang karier kepelatihannya, Rinus Michels pernah melatih klub-klub besar, seperti Ajax dan Barcelona. Selain itu, Rinus Michels juga pernah memimpin Tim Nasional (Timnas) Belanda.

Rinus Michels meraih cukup banyak trofi dalam karier kepelatihannya. Akan tetapi, jasa terbesar Rinus Michels adalah membawa Timnas Belanda meraih satu-satunya trofi internasional mereka dengan menjuarai Piala Eropa 1988. Selain itu, Timnas Belanda era Rinus Michels juga menjadi runner-up Piala Dunia 1974.

Konsep total football disempurnakan oleh salah satu pemain asuhan Rinus Michels di Ajax, Barcelona, dan Timnas Belanda, yaitu Johan Cruyff. Cruyff meraih banyak trofi saat bermain untuk Rinus Michels. Selain trofi, Cruyff pun menyerap taktik andalan sang mentor.

BACA JUGA: Egy Maulana Gagal Selamatkan Lechia Gdansk dari Kekalahan

Johan Cruyff (Foto: PA Sport)

Cruyff menyempurnakan kontsep total football ketika terjun ke dunia kepelatihan. Legenda sepakbola Belanda itu meraih berbagai trofi bergengsi saat menukangi Ajax dan Barcelona. Total football adalah cikal bakal dari tiki-taka Barcelona era Josep Guardiola. Era Guardiola di Barcelona berbuah 14 trofi bergengsi.

Selain di Barcelona, tiki-taka juga menjadi taktik utama di Timnas Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Tiki-taka masih menjadi salah satu taktik populer saat ini. Tanpa ada total football yang lahir di Belanda, tiki-taka tidak akan dikenal seperti sekarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini