5 Kejadian Luar Biasa di Liga Champions dalam 20 Tahun Terakhir

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 51 2312954 5-kejadian-luar-biasa-di-liga-champions-dalam-20-tahun-terakhir-Rqt1c3YOj4.jpg Real Madrid juara Liga Champions 2018. (Foto/Wikimedia Commons)

LIGA CHAMPIONS adalah turnamen tertinggi bagi klub-klub sepakbola Eropa. Meski bermain di benua Biru, kebesaran kompetisi ini menyebar ke seluruh dunia.

Turnamen ini dimulai pada 1955 dengan nama lengkap Piala Juara Klub Eropa (European Champion Clubs' Cup) atau Piala Eropa (European Cup). Awalnya, turnamen dimainkan dengan sistem gugur untuk para pemenang liga papan atas di 16 negara Eropa.

Sejak saat itu, Real Madrid mendominasi piala Liga Champions dengan raihan 13 trofi. Mengekor di belakangnya ada AC Milan dengan tujuh piala, sementara Liverpool dan Bayern Munich di posisi ketiga dengan mengoleksi enam trofi.

Sepanjang perjalanan turnamen ini menghadirkan sejumlah kejadian yang luar biasa. Namun, dalam daftar ini akan dirangkum lima momen luar biasa yang terjadi di Liga Champions menyadur Lineups:

5. Drama Tambahan Waktu Man United vs Bayern Munich

Final Liga Champions 1998-1999 menyajikan salah satu momen paling dramatis dalam sejarah sepakbola. Partai puncak pada edisi itu mempertemukan raksasan Inggris, Manchester United melawan raksasa Jerman, Bayern Munich.

Foto/FourFourTwo

Pada menit awal, tepatnya menit ke-6, Man United tertinggal lebih dulu lewat gol Mario Basler. Pasukan Setan Merah—julukan Man United, berusaha mengejar, namun tak juga membuahkan hasil manis.

Hanya saja, saat kemenangan akan sirna, , Teddy Sheringham menyamakan kedudukan satu menit sebelum memasuki babak waktu tambahan. Kemudian Ole Gunnar Solksjear mencetak gol kemenangan pada menit ke-93.

4. Tendangan Voli Zidane

Sebelum turun minum pada final Liga Champions 2002, gelandang Prancis Zinedine Zidane dari Real Madrid mencetak salah satu gol terbaik Liga Champions sepanjang. Momen itu terjadi saat Madrid melawan Bayer Leverkusen.

Foto/YouTUbe

Mendapat umpan silang, Zidane yang berada di kotak penalti, melepaskan tembakan tanpa menahan bola terlebih dahulu. Bola kemudian melesat membuat nama pemain asal Prancis itu tampil di papan skor.

Teknik tendangan voli adalah salah satu teknik yang paling sulit dilakukan dalam sepakbola, karena sang pemain harus tepat memperkirakan jatuhnya bola. Namun, Zidane membuatnya terlihat mudah.

3. Keajaiban Istanbul

Liverpool tampil di final Liga Champions 2004-2005 dengan melawan AC Milan. Mereka bermain melewat ujian karena tertinggal 3-0 di babak pertama.

Foto/Liverpool

Mengejar tiga gol, sepertinya tidak mungkin. Namun, skuad The Reds berhasil menyamakan kedudukan dalam enam menit lewat gol dari Steven Gerrard, Vladimír Šmicer, dan Xabi Alonso. Liverpool kemudian memenangkan pertandingan melalui adu penalti dan laga itu "Keajaiban Istanbul.

2. Comeback Barcelona

Ini adalah comeback luar biasa dan mungkin yang terbesar dalam sejarah Liga Champions. Barcelona kalah 4-0 dari Paris Saint-Germain di Parc des Princes pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2016-2017.

Foto/UEFA

Ketika Barcelona unggul 1-0 dalam waktu tiga menit, orang-orang bercanda tentang kebangkitannya. Memasuki babak kedua dengan skor 2-0, sebenarnya ada secercah harapan.

Messi membuka peluang lewat penalti menjadikan skor 3-0. Namun, PSG berhasil mencetak gol seakan sirna harapan Barclona melaju ke babak selanjutnya.

Namun, dua gol Neymar di waktu tambahan membuat Barcelona menyamakan skor agregat. Barcelona akhir bisa menyingkikan PSG setelah Roberto mencetak gol pada menit ke-95.

1. Zidane's Hattrick

Zidane kembali ke Real Madrid pada Januari 2016 sebagai pelatih dan langsung memberikan memberikan pengaruh. Dia berhasil membawa Real Madrid memenangkan Liga Champions pada tahun itu juga.

Foto/UEFA

Pelatih asal Prancis itu terus mencatatkan namanya di Liga Champions. Real Madrid kembali memenangkan Liga Champions pada tahun berikutnya dan dia melakukannya lagi pada Liga Champions.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini