4 Pesepakbola Ceritakan Kisahnya Menjadi Mualaf

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 51 2312929 4-pesepakbola-ceritakan-kisahnya-menjadi-mualaf-MJYMyGNd8M.jpg Pogba saat menjalani ibadah umrah. (Foto: Instagram/@paulpogba)

BANYAK pesepakbola muslim yang sukses berkarier di Eropa. Winger Liverpool Mohamed Salah disebut-sebut sebagai representasi umat muslim yang berkarier di Eropa berkat aksi-aksinya di lapangan.

Tak jarang setiap kali mencetak gol, Mohamed Salah sering kali bersujud, tanda mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Mohamed Salah ssejak lahir sudah beragama Islam, mengingat dirinya lahir dan besar di negara yang warganya mayoritas beragama Islam, Mesir.

Meski begitu, ada sejumlah pesepakbola yang seiring berjalannya waktu, memilih menjadi mualaf alias memeluk agama Islam. Beberapa pesepakbola mualaf ini mengaku mendapatkan ketenangan setelah memilih Islam sebagai agama mereka. Siapa saja?

Berikut 4 pesepakbola yang menceritakan kisahnya menjadi mualaf:

4. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka

Anelka memutuskan menjadi mualaf di usia 16 tahun, atau pada 1995. Hal itu berarti, Anelka memilih Islam sebagai agamanya sebelum turun di level profesional pada 1997.

"Saya merasakan hubungan dengan Tuhan dan itu mencerahkan hidup saya. Saya bangga menjadi muslim, agama penuh kedamaian dan saya belajar banyak dari Islam," kata Anelka.

Anelka cukup sukses selama menjadi pesepakbola profesional. Meski kerap bergonta-ganti klub, Anelka pernah memenangkan trofi Liga Champions 1999-2000 bersama Real Madrid, Liga Inggris 2009-2010 bareng Chelsea dan Liga Italia 2012-2013 ketika berseragam Juventus.

3 Eric Abidal

Eric Abidal

(Abidal (kiri) bersama Keita)

Siapa tidak kenal Abidal? Ia merupakan bek Prancis saat lolos ke final Piala Dunia 2006. Selain itu, Abidal juga mempersembahkan 15 trofi selama enam tahun (2007-2013) berseragam Barcelona.

Abidal memutuskan menjadi mualaf pada 2007, atau ketika dirinya berusia 28 tahun. Ia membantah memeluk agama Islam karena menikahi perempuan asal Aljazair, Heyet Kebir, pada 2007.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola yang Tidak Diduga-duga Beragama Islam

“Semua prosesnya natural. Memilih pindah ke Islam bukan karena istri saya, tapi hadiah yang tiba-tiba muncul. Itu benar-benar terjadi bagi saya. Mengikutinya dan membuat saya sangat senang. Saya memeluk Islam dengan sepenuh hati saya," kata Abidal.

2. Paul Pogba

Paul Pogba

Pogba pernah memecahkan rekor transfer dunia setelah diboyong Manchester United dari Juventus pada 2016 seharga 105 juta euro atau sekira Rp1,76 triliun. Hal itu menunjukkan Pogba sebagai salah satu gelandang terbaik yang ada di dunia hingga kini.

Ayah satu anak ini memilih menjadi mualaf pada 2013. Saat itu, ia mengikuti rekan-rekannya yang beragama Islam untuk melaksanakan salat. Dari sanalah, Pogba mendapatkan ketenangan dalam hidupnya.

“Saya mempertanyakan banyak hal di dalam diri saya, lalu saya memulai riset. Pernah sekali saya beribadah dengan rekan saya dan saya merasakan sesuatu yang berbeda. Akhirnya saya meneruskan salat. Anda harus salat lima waktu sehari, itu adalah salah satu rukun Islam,” kata Pogba mengutip dari The Independent.

1. Franck Ribery

Franck Ribery

(Ribery (kanan) bersama Hamit Altintop)

Di masa jayanya, Ribery merupakan salah satu winger terbaik di dunia. Bahkan pada 2013, Ribery hampir meraih trofi Ballon dOr setelah membawa Bayern Munich meraih treble winner. Beberapa pihak menilai, Ribery gagal merebut trofi Ballon dOr 2013 karena dicurangi FIFA selaku penyelenggara.

Ia sendiri memutuskan menjadi mualaf pada 2002, atau tak lama setelah mempersunting sang istri yang berpaspor Aljazair, Wahiba Belhami. Sejak saat itu, Ribery menambah kata “Bilal” di dalam namanya.

“Agama adalah hal pribadi bagi saya. Saya orang yang percaya dan sejak pindah ke Islam saya lebih kuat, baik mental maupun fisik. Agama tidak mengubah jati diri dan persepsi saya terhadap dunia. Saya berdoa lima kali sehari, saya lakukan itu agar terbebas dan saya merasa lebih baik setelah itu," kata Ribery.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini