5 Pesepakbola yang Tidak Diduga-duga Beragama Islam

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 51 2312877 5-pesepakbola-yang-tidak-diduga-duga-beragama-islam-RpicMceGXA.jpg Granit Xhaka beragama Islam. (Foto: REUTERS/Ian Walton)

MOHAMED Salah bisa dibilang simbol pemain muslim yang berkarier di Eropa. Menurut data penelitian yang dilakukan Departemen Sains Politik Universitas Stanford, angka kejahatan yang menimpa warga muslim di Inggris turun 18,9 persen semenjak Mohamad Salah tampil di Liga Inggris pada 2017.

Winger asal Mesir ini memang tak sungkan menunjukkan dirinya sebagai muslim yang taat. Sebelum bertanding, Mohamed Salah selalu memanjatkan doa. Selain itu tak jarang setiap kali mencetak gol, Mohamed Salah melakukan selebrasi dengan bersujud.

Di luar Mohamed Salah, ada banyak pesepakbola muslim yang berkarier di Eropa. Bahkan, ada beberapa pesepakbola yang tidak disangka-sangka justru beragama Islam. Siapa saja?

Berikut 5 pesepakbola yang tidak diduga-duga beragama Islam:

5. Emmanuel Adebayor

Adebayor

Siapa tidak kenal Adebayor? Penyerang berpaspor Togo ini dikenal garang saat berada di lapangan. Saking garangnya, Adebayor tidak pilih lawan untuk bertarung. Ketika membela Arsenal, Adebayor sempat bertengkar dengan rekan setimnya di lini depan, Nicklas Bendtner.

Pada 2015, Adebayor memutuskan menjadi mualaf, atau ketika dirinya berusia 31 tahun. Saat itu, Adebayor memilih menjadi mualaf setelah ia mengalami masalah di dalam keluarganya.

Setelah memeluk agama Islam, mantan bomber Arsenal itu mengaku hidupnya menjadi tenang. Karena itu tak heran, setelah memutuskan menjadi mualaf, Adebayor memilih melanjutkan karier di Liga Turki pada 2017, yang mana mayoritas warganya beragama Islam.

4. Edin Dzeko

Edin Dzeko

Dzeko sudah memeluk agama Islam sejak lahir. Hal itu karena Dzeko lahir di Bosnia-Herzegovina, salah satu negara yang mayoritas warganya beragama Islam.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Muslim yang Bersinar di Kompetisi Elite Eropa

Mendapatkan pendapatan berlimpah dari sepakbola, membuat Dzeko tidak lupa pentingnya bersedekah. Penyerang yang membantu VfL Wolsburg juara Liga Jerman dan mengantarkan Manchester City kampiun Liga Inggris itu kerap terlibat dalam sejumlah kegiatan amal. Bahkan ia tercatat sebagai duta UNICEF pertama di negaranya.

3. Granit Xhaka

Granit Xhaka

Granit Xhaka memang berpaspor Swiss. Namun, ia berdarah Albania, yang mana mayoritas warganya beragama Islam.

Granit Xhaka diprediksi nyaman tinggal di Arsenal yang notabene klubnya saat ini. Sebab, di sana Granit Xhaka memiliki dua sahabat yang juga beragama Islam, yakni Mesut Ozil dan Skhodran Mustafi. Untuk Musfati, meski berpaspor Jerman, sama seperti Xhaka ia juga memiliki darah keturunan Albania.

2. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka

Anelka dikenal sebagai petualang. Selama 19 tahun (1996-2015) berkarier sebagai pesepakbola profesional, 12 klub pernah dijajal top skor Liga Inggris 2008-2009 tersebut.

Namun, jauh sebelum menjadi pesepakbola profesional, Anelka memutuskan menjadi mualaf. Ia mengaku memeluk agama Islam semenjak dirinya berusia 16 tahun.

1. Paul Pogba

Paul Pogba

Paul Pogba dalam beberapa tahun terakhir kerap mengunggah dirinya sedang menjalani ibadah umrah. Biasanya, Pogba menjalani ibadah umrah ketika sedang menjalani libur musim panas.

Ternyata, II Polpo –julukan Pogba– tidak dari lahir memeluk agama Islam. Ia baru memegang agama Islam ketika membela Juventus pada 2013.

“Bagi saya, Islam benar-benar agama yang membuka pikiran dan itu membuat saya menjadi orang yang lebih baik. Saya menghormati apa pun agama Anda, apa pun warna kulitnya, dan hal-hal lainnya. Itulah Islam, penghormatan terhadap kemanusiaan dan segalanya," kata Pogba dalam wawancara di LifeTime podcast medio tahun lalu

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini