5 False Nine Terhebat di Persepakbolaan Dunia saat Ini

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312415 5-false-nine-terhebat-di-persepakbolaan-dunia-saat-ini-gg96mFzugZ.jpg Lionel Messi. (Foto/Barcelona)

FALSE 9 adalah penyerang tengah atau palsu yang mundur jauh ke lini tengah. Dia bertugas membuka ruang dengan menarik pemain bertahan agar ruang yang ditinggalkan pemain lawan dapat dieksploitasi rekan setimnya.

Salah satu pemain false nine yang terbaik adalah Lionel Messi saat Barcelona diasuh Pep Guardiola. Messi menjadi penyerang terbaik di dunia selama dilatih Guardiola dengan bermain di posisi tersebut. Terbukti, Messi empat kali beruntun meraih trofi Ballon dOr selama ditangani Guardiola. Selain Messi, siapa saja pemain yang fasih saat berperan sebagai false nine?

Berikut lima pemain dengan peran false nine terhebat saat ini menyadur Sportskeeda:

5. Nabil Fekir

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, mengatakan Fekir membawa kualitas berbeda di sisi lapangan (winger). Namun, pemain yang kini memperkuat Real Betis ini memiliki kemampuan untuk memanfaatkan ruang antara pertahanan lawan dan lini tengah, alias berperan sebagai false nine.

BACA JUGA: Peran False Nine dalam Permainan Sepakbola

Foto/Real Betis

Dia bisa menciptakan assist dan menciptakan peluang sebagai false 9. Dengan tujuh gol dan banyak assist di semua kompetisi, dia akan menjadi penyerang utama untuk Real Betis di Liga Spanyol musim ini.

Baca juga: 5 Pesepakbola Prancis yang Putuskan Jadi Mualaf

4. Paulo Dybala

Paulo Dybala dikenal karena visinya yang gemilang. Dia juga memiliki kemampuan menembak dan menggiring bola. Tak heran bila pemain asal Argentina itu disebut sebagai salah satu penyerang yang memiliki kemampuan paling lengkap di sepakbola saat ini.

Foto/Juventus

Dybala musim lalu bermain hebat di Liga Italia. Dia mencetak 11 gol dan memberikan sejumlah asistensi penting yang membuat Juventus memenangkan gelar Liga Italia kesembilan mereka secara beruntun.

3. Lionel Messi

Lionel Messi adalah seniman dalam dunia sepakbola saat ini. Dia pemegang rekor 7 kali pemenang Penghargaan Pichichi untuk pencetak gol tertinggi di La Liga Spanyol. Hal itu terjadi saat dia bermain sebagai false 9.

Foto/Reuters

Messi memiliki visi yang sangat matang dengan kreativitasnya menggiring bola yang sulit dilawan. Akibat peran false 9 ini, pelatih Barcelona 2008-2012, Josep Guardiola bahkan menggusur Zlatan Ibrahimovic ke posisi sayap. Padahal seperti yang kita tahu, Ibrahmimovic merupakan penyerang konvensional yang biasa bergerak di kotak penalti lawan.

2. Thomas Muller

Pemain asal Jerman ini tak ahli dalam menggiring bola ataupun menembak. Namun, kehadirannya dalam membaca permainan dan menemukan peluang terbaik, berhasil membawa Bayern Munich menjuarai Liga Champions dan Liga Jerman musim lalu.

Foto/Bayern Munich

Muller secara konsisten menemukan ruang di antara garis pertahanan lawan dan menjadi penghubung antara striker tengah dan lini tengah. Sejauh ini apa yang dilakukannya sangat berhasil. Dia mencetak 14 gol dan 26 assist pada musim lalu di semua kompetisi.

1. Roberto Firmino

Firmino adalah penyerang tengah dari tiga penyerang Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah. Meski bermain sebagai penyerang sentral, tugas utama pemain asal Brasil bukanlah mencetak gol.

Foto/Liverpool FC

Dia sering bermain agak ke dalam yang membuat Salah atau Mane bisa bergerak lebih maju ke area pertahanan lawan. Firmino dikenal dengan visi dan umpannya yang cerdik. Pemain asal Brasil itu telah mencetak 78 gol dan 60 assist semenjak berseragam Liverpool pada 2015.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini