Sebarkan Berita Hoax soal Kematian Pele, Radio Prancis Minta Maaf

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 51 2311116 sebarkan-berita-hoax-soal-kematian-pele-radio-prancis-minta-maaf-m0U4NXeF0G.jpg Legenda sepakbola Brasil, Pele (Foto: @Pele/Twitter)

PARIS – Radio Internasional Prancis (RFI) memberikan klarifikasi soal penerbitan obituari atau kabar meninggal untuk sejumlah tokoh yang masih hidup, termasuk legenda sepakbola asal Brasil, yakni Pele. Pihak RFI pun melayangkan perminataan maaf atas kelalaian mereka tersebut.

Ya, pada Senin 16 November 2020, RFI membuat para pendengarnya terkejut setelah mereka menerbitkan obituari kepada sejumlah tokoh terkenal yang diketahui masih hidup. Pele pun menjadi salah satu tokoh yang disebutkan dalam obituari tersebut.

Padahal seperti yang kita ketahui semua bahwa Pele sendiri sejatinya masih hidup pada saat ini. Bahkan belum lama ini, sosok yang mengantarkan tim nasional (Timnas) Brasil menjuarai Piala Dunia 1952 tersebut baru saja mengisi sebuah acara via Zoom yang diselengarai oleh induk sepakbola dunia, FIFA.

Pele

Tidak berselang lama setelah obituari tersebut muncul, sejumlah pihak pun lantas melayangkan kecaman kepada RFI. Ya, mereka merasa bahwa pihak RFI telah menyebarkan berita palsu alias hoax terkait kematian sejumlah tokoh terkenal tersebut.

Sadar bahwa telah melakukan kesalahan fatal, pihak RFI pun lantas melayangkan permohonan maaf kepada para pendengarnya terkait obituari yang beberapa saat lalu mereka terbitkan. Dalam pernyataan resmi di akun Twitter RFI, mereka berdalih mengalami gangguan teknis hingga hal tersebut terjadi.

“Kami menawarkan permintaan maaf kami kepada orang-orang yang bersangkutan, dan kepada Anda yang telah mengikuti serta mempercayai kami,” tulis pernyataan resmi RFI di akun Twitter mereka, seperti disadur dari Timesnownews, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga: 5 Pesepakbola Muslim yang Bersinar di Kompetisi Elite Eropa

“Kami sedang memobilisasi untuk memperbaiki masalah teknis terbesar dalam sejarah radio kami, dan sekali kami memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan ini,” sambung pernyataan resmi radio yang berdiri sejak 1945 tersebut.

Selain Pele, sejumlah tokoh internasional terkenal yang juga disebutkan oleh obituari RFI di antaranya adalah Ratu Elizabeth, Ayatollah Ali Khamenei (Pemimpin Tertinggi Iran), Jimmy Carter (Mantan Presiden Amerika Serikat), Raul Castro (Presiden Kuba), serta Clint Eastwood (Aktor senior Hollywood).

(Ram)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini