5 Pemain yang Berjaya Setelah Tinggalkan Barcelona

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 16 November 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 46 2310260 5-pemain-yang-berjaya-setelah-tinggalkan-barcelona-m1XH6Pgbg9.JPG Hector Bellerin kini membela Arsenal (Foto: Reuters/Michael Regan)

KELUAR dari klub sebesar Barcelona bukanlah akhir dari perjalanan karier seorang pesepakbola. Memang, membela Blaugrana yang berstatus raksasa Spanyol dan dunia, plus keberadaan megabintang Lionel Messi, bisa dikatakan sebagai puncak keemasan karier.

Sayangnya, tidak semua impian bisa terwujud. Beberapa pesepakbola malah seakan mematikan kariernya sendiri karena tidak mampu bersaing dengan rekan setimnya di Barcelona. Ketika karier dirasa mandek, maka hengkang ke klub lain menjadi solusi terbaik guna mengembangkan kemampuan.

Berikut adalah deretan pemain yang berani hengkang dari Barcelona, tetapi mampu berjaya di klub barunya, disitat dari Sportskeeda, Senin (16/11/2020).

Baca juga: 5 Pesepakbola yang Bersinar Usai Angkat Kaki dari Manchester United

5. Adama Traore

Pemain bertubuh kekar ini lahir dan tumbuh besar di Barcelona. Wajar apabila Adama Traore kemudian merintis kariernya sebagai pesepakbola lewat akademi La Masia. Sayangnya, pemain berdarah Mali itu hanya empat kali tampil bersama tim senior.

Adama Traore mulai bersinar (Foto: Twitter/@Wolves)

Tentu saja, ketika itu skuad Barcelona dihuni oleh pemain-pemain terbaik seperti Neymar Jr, Lionel Messi, dan Luis Suarez, di lini depan. Sadar dirinya akan terus menjadi penghangat bangku cadangan, Adama Traore menyingkir ke Aston Villa pada 2015 dan sekarang mulai naik daun bersama Wolverhampton Wanderers.

4. Eric Garcia

Barcelona begitu ngotot untuk memulangkan Eric Garcia ke Spanyol. Saat ini, sang pemain berstatus sebagai penggawa Manchester City. Lagi-lagi, karier sepakbolanya diawali dengan bergabung ke La Masia. Sayangnya, Eric Garcia sudah menyeberang ke Man City di usia yang relatif muda.

Kini, usianya masih 19 tahun. Akan tetapi, Pep Guardiola sudah berani memasangnya sebagai andalan di lini belakang. Tidak heran, Barcelona begitu ngebet merayunya untuk pulang seiring menuanya Gerard Pique dan kebutuhan akan bek tengah mumpuni.

3. Hector Bellerin

Klub raksasa Catalunya itu tampaknya perlu benar-benar memperhatikan jenjang karier pemain didikan La Masia. Sebab, Hector Bellerin sama seperti dua rekannya yang disebut lebih dahulu. Lahir, besar, dan tumbuh sebagai siswa akademi La Masia, tetapi mekar bersama klub lain.

Hector Bellerin saat ini menjadi andalan di posisi bek kanan bersama Arsenal. Sama seperti Adama Traore, pemain berusia 25 tahun itu memilih meninggalkan Barcelona karena tidak mendapat menit bermain yang cukup. Bersama Arsenal, ia sukses meraih tiga trofi Piala FA.

Mauro Icardi cukup tajam bersama PSG (Foto: Twitter/@psg_inside)

2. Mauro Icardi

Untuk pemain yang satu ini, mungkin Barcelona sedikit menyesal. Sebab, mereka tidak memiliki banyak striker maut dalam skuad. Sepeninggal Luis Suarez, Barcelona seakan kesulitan untuk mencetak gol ke gawang lawan dari permainan terbuka.

Mauro Icardi juga berstatus lulusan akademi La Masia. Ia meninggalkan Barcelona lebih cepat pada 2011 karena merasa tidak akan cocok dengan skema tiki-taka yang digeber pelatih Josep Guardiola kala itu. Melihat koleksi 187 gol dalam 329 penampilan bersama semua klubnya hingga kini, Barcelona mungkin menyesali kepergian Mauro Icardi.

1. Thiago Alcantara

Pemain yang kepergiannya paling disesali Barcelona mungkin adalah Thiago Alcantara. Sama seperti yang lain, ia adalah jebolan akademi La Masia. Namun, pemain berdarah Brasil itu punya koleksi menit bermain paling banyak dari nama-nama di atas.

Sebelum pergi pada 2013, Thiago Alcantara mengoleksi 100 penampilan dengan mencetak 11 gol dan melepas 20 assist. Alasan kepergiannya sungguh simpel, yakni kebutuhan bermain lebih sering. Hal itu tidak akan didapatkan selama duo Xavi Hernandez dan Andres Iniesta masih bercokol.

Bayern Munich sangat beruntung mendapatkan servis Thiago Alcantara. Ia sukses mengoleksi tujuh gelar juara Liga Jerman dan satu trofi Liga Champions semasa berkostum Bayern Munich. Kini, Thiago mencoba peruntungan dengan membela Liverpool.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini