Share

Ini yang Bikin Pemain Timnas Indonesia U-19 Takut kepada Shin Tae-yong

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 09 November 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 51 2306577 ini-yang-bikin-pemain-timnas-indonesia-u-19-takut-kepada-shin-tae-yong-WZH4EssyMP.jpg Shin Tae-yong saat diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan mengungkap satu hal yang membuat pemain-pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 takut kepada sang pelatih, Shin Tae-yong. Iriawan mengatakan Shin Tae-yong menuntut para pemainnya untuk disiplin.

Jika tidak disiplin sekali saja, jangan harap nama mereka masih tercantum di skuad Timnas Indonesia U-19. Di pengujung Agustus 2020, Timnas Indonesia U-19 bersiap terbang ke Kroasia untuk menjalani pemusatan latihan.

Timnas Indonesia U-19

Namun, sehari sebelum berangkat, dua pemain Timnas Indonesia U-19, Serdy Ephy Fano Boky (Bhayangkara FC) dan Ahmad Afhridzal (Vamos Indonesia), melakukan aksi indisipliner dalam pandangan Shin Tae-yong. Saat itu, mereka yang tidur di kamar yang sama, terlambat datang ke sesi latihan.

Tanpa ampun, Shin Tae-yong langsung mencoret kedua nama di atas. Alhasil, skuad Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Kroasia dengan 27 nama (satu nama lainnya, Elkan Baggott, berangkat dari Inggris pada awal Oktober 2020).

"Disiplin juga demikian, telat 10 menit ke lapangan langsung dicoret. Lalu fisik, kami lihat pembinaan fisik untuk Timnas U-19 maupun senior sangat ketat, lalu selanjutnya untuk taktik dan strategi sesuai program pelatih," kata Iwan Bule saat mengikuti webinar Kemenpora beberapa hari lalu.

BACA JUGA: Bagus Kahfi dan Jack Brown Bisa Ditantang Bek Leeds United di Piala Dunia U-20 2021

Namun, kedisplinan yang ditunjukkan Shin Tae-yong, ujung-ujungnya berefek positif ke pemain. Efeknya, perlahan-lahan mulai terlihat dari kualitas permainan Timnas Indonesia U-19.

Sempat kesulitan saat menjalani sejumlah laga awal di Kroasia, perlahan tapi pasti hasil optimal didapatkan Timnas Indonesia U-19. Setelah dihancurkan Bulgaria 0-3 dan Kroasia 1-7, Timnas Indonesia U-19 hanya kalah satu kali kalah dalam sembilan pertandingan setelahnya!

Timnas Indonesia

Dalam sembilan pertandingan, Timnas Indonesia U-19 mendapatkan lima menang, tiga imbang dan satu kalah. Bahkan, sejumlah kemenangan didapatkan Timnas Indonesia U-19 dengan skor meyakinkan, salah satunya saat menggasak salah satu klub teras Liga Kroasia U-19, Hajduk Split, dengan skor 4-0!

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani pemusatan latihan virtual dari 5-15 November 2020. Tercatat ada 37 pemain yang mengikuti pemusatan latihan kali ini.

Hanya saja, sejumlah pemain Timnas Indonesia U-19 yang merumput di Eropa seperti Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Kelana Mahessa dan Luah Mahessa absen dalam pemusatan latihan kali ini. Dalam penuturan asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, mereka tak dipanggil karena perbedaan waktu antara Indonesia dan Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini