Raja Penalti di Liga Champions Ternyata Bukan Messi, tapi Cristiano Ronaldo

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 261 2304730 raja-penalti-di-liga-champions-ternyata-bukan-messi-tapi-cristiano-ronaldo-P0W2LmYdpc.jpg Lionel Messi saat cetak gol penalti di laga Barcelona vs Dynamo Kiev. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

LIONEL Messi menjadi sorotan musim ini. Sebab, dari empat gol yang dibuat bersama Barcelona di semua kompetisi, semuanya dicetak dari titik putih. Satu gol dibuat Lionel Messi di Liga Spanyol, sedangkan tiga lainnya dikemas La Pulga –julukan Lionel Messi– di Liga Champions.

Pesepakbola 33 tahun ini masing-masing mencetak satu gol penalti saat Barcelona menang 5-1 atas Ferencvaros, Juventus (2-0) dan Dynamo Kiev (2-1). Fakta di atas membuat Lionel Messi dicap sebagai raja penalti.

Lionel Messi

(Messi saat cetak gol penalti di laga Barcelona vs Ferencvaros)

Namun, berbicara raja penalti, Lionel Messi tidak menyandang status tersebut di Liga Champions. Semenjak Liga Champions berganti format pada 1992-1993, Lionel Messi memang sudah 15 kali mencetak gol via titik putih di Liga Champions.

Akan tetapi, jumlah tersebut masih kalah dari rival abadi Lionel Messi, Cristiano Ronaldo. Menurut laporan ESPN, Cristiano Ronaldo untuk sementara tercatat sebagai raja penalti Liga Champions denagn koleksi 17 gol.

“Gol Messi ke gawang Dynamo Kiev merupakan penalti yang ke-15 di Liga Champions. Ia menduduki posisi dua. Tebak siapa pemegang rekor? Cristiano Ronaldo, 17,” tulis ESPN.

BACA JUGA: 4 Nama Puncaki Top Skor Liga Champions 2020-2021, Minus Cristiano Ronaldo dan Messi

Cap raja penalti memang akrab dengan Cristiano Ronaldo. Bahkan netizen kerap menyebut Penaldo, yang mengartikannya sebagai penalti Ronaldo. Sejumlah netizen bahkan menganggap Cristiano Ronaldo hanya bisa mencetak gol dari titik putih.

Statistik musim lalu menunjukkan Cristiano Ronaldo mencetak banyak gol dari titik putih. Tercatat, Cristiano Ronaldo musim lalu mencetak 14 gol dari situasi 12 pas.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo cetak gol penalti di laga Spezia vs Juventus)

Jumlah tersebut unggul jauh dari Lionel Messi yang hanya mengemas enam gol penalti. Namun, situasinya berbalik musim ini.

Di musim 2020-2021, Cristiano Ronaldo baru mencetak dua gol penalti, bandingkan dengan Lionel Messi yang telah menyentuh angka empat. Jumlahnya semakin banyak jika menghitung saat membela Tim Nasional.

Sekadar informasi saat Argentina menang 1-0 atas Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan, gol tunggal La Albiceleste –julukan Argentina– dicetak Lionel Messi via titik putih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini