Liverpool Butuh Alisson Becker Bukan Van Dijk, Tak Percaya?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 261 2303815 liverpool-butuh-alisson-becker-bukan-van-dijk-tak-percaya-grsuAhy2kO.jpg Alisson dan Van Dijk, pemain andalan Liverpool di lini pertahanan. (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOL – Virgil van Dijk mengalami cedera lutut saat Liverpool bertandang ke markas Everton di pekan kelima Liga Inggris 2020-2021 pada Sabtu 17 Oktober 2020 malam WIB. Akibat cedera tersebut, Van Dijk diperkirakan absen dalam 7-8 bulan ke depan.

Sejumlah pandit termasuk pesepakbola legenda Liverpool, Jamie Carragher, langsung menyarankan manajemen si Merah untuk mendatangkan bek tengah baru pada bursa transfer musim dingin 2021. Dalam pandangan Carragher, kepergian Van Dijk mesti digantikan bek tengah berkualitas lain, demi menjaga peluang juara Liverpool di berbagai kompetisi musim ini.

Virgil van Dijk

(Van Dijk mengalami cedera lutut setelah dihajar Jordan Pickford)

Namun, sejauh ini data menunjukkan, Liverpool tidak terlalu terpengaruh dengan cedera yang dialami Van Dijk. Sebab, dalam lima laga setelah Van Dijk dinyatakan mengalami cedera, Liverpool selalu meraih kemenangan.

Tidak sekadar meraih kemenangan, pertahanan Liverpool juga sangat rapat. Dalam lima pertandingan itu gawang Liverpool hanya kemasukan dua gol. Tercatat dari lima pertandingan, tiga di antaranya berakhir clean sheet, tepatnya saat Liverpool menang 1-0 atas Ajax Amsterdam, FC Midtjylland (2-0) dan Atalanta (5-0).

Hasil di atas seakan menunjukkanbukan Van Dijk atau sang pengganti yang dibutuhkan Liverpool, melainkan Alisson Becker. Sebab, semenjak Alisson Becker kembali dari cedera bahu, kemenangan demi kemenangan kembali akrab dengan Liverpool.

BACA JUGA: Diogo Jota Hattrick, Posisi Firmino di Liverpool dalam Ancaman

Sekadar informasi pada awal Oktober 2020, Alisson dinyatakan mengalami cedera bahu. Akibatnya saat Liverpool bertandang ke markas Aston Villa di pekan keempat Liga Inggris 2020-2021, pelatih Liverpool Jurgen Klopp memercayakan posisi kiper kepada Adrian San Miguel.

Dalam laga tersebut, Van Dijk bertugas sebagai bek tengah, bertandem dengan Joe Gomez. Namun, apa hasil yang didapat?

Saat itu, Liverpool dihajar AstonVilla 2-7! Bahkan Adrian membuat blunder atas gol pertama Aston Villa yang dikemas Ollie Watkins pada menit keempat.

Kemudian pada 17 Oktober 2020 atau saat bertandang ke markas Everton, posisi penjaga gawang masih ditempati Adrian. Sementara Van Dijk masih bermain, sebelum akhirnya ditarik keluar di menit 11 karena mengalami cedera.

Alisson Becker

(Alisson, sosok yang dibutuhkan Liverpool)

Hasilnya, saat itu laga Everton vs Liverpool berakhir 2-2. Kelar laga kontra Everton, Liverpool menang 1-0 atas Ajax dan saat itu posisi penjaga gawang ditempati Adrian. Setelah itu atau dalam empat laga, Alisson kembali mengawali gawang Liverpool dan semua pertandingan diselesaikan dengan kemenangan oleh Liverpool.

BACA JUGA: 6 Rider Miliki Peluang Jadi Juara MotoGP, Alex Criville: Musim yang Luar Biasa!

Meski begitu, Liverpool diprediksi akan lebih kuat lagi jika kombinasi Alisson dan Van Dijk kembali berkolaborasi. Kombinasi ini baru bisa terjalin di pengujung akhir musim ini atau awal musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini