Gara-Gara Ini, Ferdinand Minta Maguire Dicopot sebagai Kapten Man United

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 45 2303282 gara-gara-ini-ferdinand-minta-maguire-dicopot-sebagai-kapten-man-united-DQq91OiZmg.jpg Harry Maguire (Foto: premierleague.com)

LONDON – Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, memberikan komentar soal kiprah Harry Maguire sebagai kapten eks klubnya tersebut. Ferdinand meminta agar Ole Gunnar Solskjaer memikirkan kembali keputusannya menunjuk Maguire sebagai kapten, lantaran tak punya jiwa kepemimpinan.

Sebagaimana diketahui, Maguire memang resmi bergabung dengan Man United pada jendela transfer musim panas 2018. Manajemen Setan Merah –julukan Man United– merekrutnya dari Leicester City dengan nilai transfer mencapai 87 juta euro atau sekira Rp1,4 triliun.

Meski baru bergabung, Maguire mendapatkan kepercayaan untuk mengemban jabatan sebagai kapten Man United. Sejak awal, keputusan Solskjaer menunjuk Maguire sebagai kapten klub asuhannya tersebut memang menuai pro-kontra.

Harry Maguire

Beberapa pihak menilai bahwa Maguire sejatinya sangat tidak layak untuk dipercaya menjadi kapten Man United. Terlebih dalam beberapa kesempatan, Maguire acap kali melayangkan pernyataan yang menunjukkan dirinya tak memiliki kepemimpinan.

Baca Juga: Rashford Yakin Man United Akan Segera Bangkit Usai Dipermalukan Arsenal

Salah komentar Maguire yang kontroversial adalah kala Man United menelan kekalahan dari Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021. Seusai laga tersebut, Maguire mengaku tidak merasa khawatir dengan serangkaian hasil minor yang didapat Man United di Liga Inggris.

Komentar tersebutlah yang membuat Ferdinand semakin merasa yakin jika Maguire memang tidak layak ditunjuk sebagai kapten Man United. Bagi Ferdinand, Maguire seharusnya bisa menunjukkan sikap yang bisa memotivasi para rekan-rekan setimnya.

“Saya mengamati Harry Maguire dan sejumlah komentarnya setelah pertandingan, yang berkata bahwa mungkin mereka terlalu mudah berpuas diri. Seharusnya tidak begitu, dialah kapten tim,” jelas Ferdinand, seperti disadur dari Metro, Selasa (3/11/2020).

“Saya harap dia bisa lebih baik lagi dan berkata pada rekan-rekannya: ‘dengar, kita belum selesai, kita masih harus melakukan banyak hal, ayo tunjukkan semangat kalian’. Saya sendiri tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi,” sambung pria berusia 41 tahun tersebut.

Baca Juga: Wan-Bissaka Heran Man United Selalu Kesulitan Menang di Old Trafford

“Sebagai kapten tim seperti Manchester United, selalu ada pemimpin di ruang ganti itu yang akan berkeliling dan membakar semangat pemain-pemain lain. Entah dalam diskusi satu lawan satu atau berada di depan tim.”

“Menarik rekan ke samping, bicara untuk membantunya bangkit, untuk memastikan mereka masih fokus. Apakah perbincangan semacam itu masih ada? Ini bukan hanya urusan manajemen, terkadang para pemain sendiri harus bangkit dan saling mendorong,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini