Latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia Berakhir, Selanjutnya Apa?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 22:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 51 2299981 latihan-timnas-indonesia-u-19-di-kroasia-berakhir-selanjutnya-apa-ItvnGOvEco.jpg Timnas Indonesia U-19. (Foto/PSSI)

SPLIT - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 telah mengakhiri pemusatan latihan atau training center (TC) di Kroasia. Setelah melakukan TC di Kroasia, apa program selanjutnya Skuda Garuda Muda?

Timnas Indonesia U-19 telah menjalani TC dan sejumlah agenda uji coba sejak awal Agustus 2020 di Kroasia. Mereka berada di Kroasia sejak 30 Agustus lalu hingga Selasa 26 Oktober 2020.

Foto/PSSI

Selama di Kroasia, Timnas Indonesia U-19, telah menjalani sebelas laga uji coba selama di Kroasia yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1).

Baca juga: Indra Sjafri dan Shin Tae-yong Bahas Agenda Timnas Indonesia U-19 

Kemudian melawan Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0), Hajduk Split (4-0). Selain itu juga menggelar satu kali internal game.

TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia merupakan bagian program persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di Piala Dunia U-20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Seharusnya, Timnas Indonesia setelah melakukan TC di Kroasia, akan pindah mengikuti Turnamen Toulon di Prancis. Namun, Timnas U-19 batal tampil karena turnamen dibatalkan karena peningkatan kasus virus corona di lokasi turnamen.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan, setelah menjalani TC di Kroasia, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, Direktur Teknik, Indra Sjafri dan PSSI akan bertemu membahas program kelanjutan Timnas U-19. Namun, dia tidak mengungkapkan secara rinci wacana program tersebut.

"PSSI selalu mendukung program pelatih Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia. Untuk program TC selanjutnya kami akan berdiskusi dengan pelatih Shin tae-yong serta Direktur Teknik Indra Sjafri, apalagi setelah timnas U-19 tidak jadi mengikuti turnamen Toulon Prancis karena batal digelar," tutur Iriawan mengutip laman PSSI.

Timnas U-19 dijadwalkan akan mendarat di Tanah Air pada Selasa, 27 Oktober 2020 WIB malam. Selanjutnya, skuad asuhan Shien Tae-yong akan mendapat libur dan kembali ke selama beberapa hari.

Harap liga bergulir

Sebelumnya, Tae-yong berharap kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dapat bergulir kembali. Pasalnya, kata dia, adalah kompetisi bisa mengasah kemampuan anak asuhnya.

Foto/PSSI

“Ujung dari sebuah kompetisi itu timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub,” kata Shin Tae-yong

“Jadi tidak bisa menunda-nunda kompetisi. Karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

“Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Saya juga bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan,” papar Tae-yong.

Liga 1 dan Liga 2 2020 seharusnya kembali bergulir pada awal Oktober 2020 silam. Namun, dibatalkan karena tidak mendapatkan izin dari Kepolisian. Polri tidak mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan karena kasus virus corona masih tingggi.

PSSI berharap liga dapa berjalan November. Jika tak mendapat izin dari Polri, PSSI berharap bisa menjalankan kompetisi pada Desember, dan bila tidak mendapat izin mengadakan liga, PSSI akan menjalankan liga pada Januari 2021.

Namun, Tae-yong telah memiliki rencana jika kompesisi tidak bergulir. Dia akan melakukan pelatihan virtual. Meski begitu dia menekankan bahwa latihan di rumah akan membuat kesulitan bagi tim pelatih Timnas Indonesia U-19

"Jika liga tidak bergulir pada 1 November 2020, kita akan melakukan latihan di rumah (virtual training) seperti kemarin. Dengan tidak adanya liga, kita sedikit kesulitan dalam membuat latihan yang pas," kata Shin Tae-yong.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini