Kilas Balik Penyebab Lionel Messi Gagal Tinggalkan Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 46 2296094 kilas-balik-penyebab-lionel-messi-gagal-tinggalkan-barcelona-NPqZECEUrr.JPG Lionel Messi gagal tinggalkan Barcelona pada musim panas 2020. (Foto: Laman resmi Barcelona)

LIONEL Messi kembali kencang diberitakan akan meninggalkan Barcelona. Menurut laporan The Sun, manajemen Barcelona sudah bersedia melepas Lionel Messi ke Manchester City secara gratis pada musim panas 2021.

Setidaknya ada dua alasan kenapa Lionel Messi akan melanjutkan karier bersama Manchester City. Pertama di tubuh Man City ada sejumlah orang yang dekat dengan Lionel Messi, yakni Ferran Soriano (CEO), Txiki Begiristain (direktur sepakbola) dan Josep Guardiola (pelatih).

Josep Guardiola

(Guadiola dan Messi saat bekerja sama di Barcelona)

Selain itu, Manchester City jadi yang paling serius memburu Lionel Messi pada bursa transfer musim panas 2020. Lewat surat yang ditandatangani Txiki Begiristain, manajemen Barcelona menawar Lionel Messi di angka 200 juta euro atau sekira Rp3,45 triliun.

Lantas, kenapa tawaran Man City saat itu ditolak manajemen Barcelona? Jawabannya sangat mudah. Jika Barcelona melepas Lionel Messi pada musim panas 2020, Josep Maria Bartomeu berpotensi tak lagi terpilih sebagai presiden dalam pemilihan umum yang diadakan 20-21 Maret 2020.

Karena itu, cara termudah adalah mempertahankan Lionel Messi yang sejatinya sudah mengajukan surat pengunduran diri pada 25 Agustus 2020. Pada tanggal tersebut, Messi mengirimkan faks yang berisi permintaan angkat kaki dari Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020. Messi menilai dirinya bisa pindah secara gratis pada musim panas 2020.

BACA JUGA: Barcelona Akhirnya Lepas Lionel Messi ke Manchester City

Sebab, ketika menandatangani kontrak pada November 2017, Messi diatur dapat pindah secara gratis pada musim panas 2020, atau ketika kontraknya tersisa satu musim lagi. Namun, Barcelona tidak langsung mengiyakan permintaan di atas.

Manajemen Barcelona mengamini Messi bisa pindah secara gratis pada musim panas 2020, namun batasnya hanya sampai 10 Juni 2020. Lepas 10 Juni 2020, klub peminat Messi mesti menebus klausul lepas La Pulga yang mencapai 700 juta euro atau setara Rp12 triliun!

Lionel Messi

Kondisi di atas membuat Messi tak bisa meninggalkan Barcelona. Sebab, di tengah ketatnya aturan Financial Fair Play, sulit bagi klub mana pun di Eropa dapat menebus klausul lepas Messi.

Karena itu, 2020-2021 diprediksi menjadi musim terakhir Lionel Messi bersama Barcelona. Bahkan Lionel Messi sudah mengungkapkannya keinginannya meninggalkan Barcelona kepada sang rekan setim, Sergi Roberto.

“Ia (Messi) bilang, ia hanya bertahan selama satu tahun lagi di sini (Barcelona),” kata Sergi Roberto, mengutip dari Goal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini