Messi Bisa Lakukan Semuanya Sendirian, Ronaldo Butuh Rekan Setim

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 261 2296247 messi-bisa-lakukan-semuanya-sendirian-ronaldo-butuh-rekan-setim-v78dHUlnpF.jpeg Cristiano Ronaldo tertawa bersama Lionel Messi (Foto: UEFA)

KYIV – Sebuah analisa menarik disampaikan Pelatih Dinamo Kiev, Mircea Lucescu. Menurut pria asal Rumania itu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memiliki sebuah perbedaan. La Pulga mampu mencetak gol sendirian, sementara CR7 butuh bantuan dari rekan setim.

Perdebatan mengenai siapa yang lebih baik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tidak pernah usai. Betapa tidak, keduanya memiliki masa keemasan di generasi yang sama. Persaingan antara kedua pemain itu pernah mewarnai serunya Liga Spanyol pada 2009-2018.

Eks penyerang Barcelona, Zlatan Ibrahimovic, pernah mengatakan Lionel Messi adalah pemain dengan bakat alami. Sementara itu, Cristiano Ronaldo merupakan pemain yang dihasilkan dari latihan dan kerja keras secara terus menerus.

Baca juga: Lautaro: Messi Adalah Sumber Kebanggaan untuk Semua Orang di Argentina

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Foto: UEFA)

Kini, pendapat lain disampaikan oleh Mircea Lucescu. Sebagai pelatih yang malang melintang di sepakbola Eropa, ia tentu pernah beberapa kali memimpin timnya berhadapan dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Maka, perbandingan yang objektif bisa diberikan.

“Messi adalah pemain yang sangat ahli dalam ruang-ruang sempit karena memiliki akselerasi, kepercayaan diri, dribel, dan semacam itu. Ronaldo adalah tipe pemain berbeda yang membutuhkan ruang lebih besar karena senang mencetak gol. Dia butuh bantuan rekan-rekan setim,” papar Mircea Lucescu, dikutip dari Football Italia, Selasa (20/10/2020).

“Messi bisa melakukan banyak hal sendirian. Ronaldo hanya bisa melakukan segalanya sendirian di area penalti atau 20 meter dari gawang. Namun, dia selalu mencoba mengambil keuntungan dari ruang yang diciptakan pemain lain. Itu dia. Mereka berbeda, tetapi sama-sama kuat,” imbuh pria berusia 75 tahun itu.

Pendapat Mircea Lucescu itu bisa menjadi referensi tersendiri jelang fase grup Liga Champions 2020-2021. Ya, Dinamo Kiev tergabung di grup G bersama Barcelona, Juventus, dan Ferencvaros. Itu berarti, Lucescu akan memimpin timnya menghadapi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Khusus Ronaldo, Dinamo Kiev bisa sedikit bernafas lega. Pada matchday pertama Selasa (20/10/2020) malam WIB, pemain asal Portugal itu dipastikan tidak akan merumput. Sebab, Ronaldo masih menjalani isolasi mandiri usai dinyatakan positif Covid-19.

Peluang Cristiano Ronaldo untuk melawan Dinamo Kiev terbuka lebar pada matchday lima, 3 Desember 2020 dini hari WIB di Turin. Sedangkan dengan Lionel Messi, pertemuan baru akan terjadi pada matchday tiga dan empat, 5 dan 25 November 2020.

Laga melawan Juventus bagaikan adu taktik antara guru dengan murid. Betapa tidak, Mircea Lucescu bakal beradu pintar dengan Andrea Pirlo, sosok yang diberi debut olehnya ketika mengasuh Brescia dan Inter Milan pada akhir dekade 1990.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini