Deschamps Salahkan Barcelona atas Menurunnya Performa Griezmann

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 46 2289603 deschamps-salahkan-barcelona-atas-menurunnya-performa-griezmann-rFaJ81FCsT.jpg Griezmann di sesi latihan Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

PARIS – Tak dapat dipungkiri bahwa Antoine Griezmann adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Namun, hal itu bisa dikatakan beberapa musim yang lalu, di saat Griezmann mampu memperlihatkan kemampuan terbaiknya saat membela Atletico Madrid dan Tim Nasional (Timnas) Prancis.

Semenjak bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2019 kemarin, Griezmann bisa dikatakan mengalami penurunan performa. Menurut pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, semua itu bisa terjadi karena ulah Barcelona.

Deschamps menilai pelatih-pelatih Barcelona telah salah memainkan Griezmann sebagai winger. Baik saat Barcelona masih dilatih Ernesto Valverde, Quique Setien, sampai Ronaldo Koeman, Deschamps heran mengapa Griezmann dimainkan sebagai seorang winger.

Baca Juga: Deschamps Klaim Griezmann Tak Bahagia di Barcelona

Antoine Griezmann

Padahal Deschamps melihat Griezmann kurang baik jika dimainkan di sayap, karena memang posisi itu bukanlah posisi terbaiknya. Posisi terbaik Griezmann menurut Deschamps adalah bermain sebagai gelandang serang.

Selama membela Atletico dan Timnas Prancis, Griezmann yang tampil tepat di belakang strikernya nyatanya bermain dengan sangat baik. Jika dimainkan menjadi seorang gelandang serang, Deschamps melihat Griezmann dapat lebih leluasa bermain dan tentunya lebih mampu mencetak gol.

Tentu seharusnya Griezmann bisa beradaptasi, namun bagi Deschamp seharusnya tugas pelatih adalah menemukan posisi terbaik pemainnya. Hal tersebutlah yang dirasa Deschamps tidak dilakukan oleh para pelatih Barcelona.

“Dengan segenap rasa hormat saya (kepada Barcelona), Griezmann seharusnya dapat bermain di posisinya (terbaiknya). Itu tidak jelas bukanlah sesuatu hal yang ekstrim untuk dilakikan. Anda seharusnya memainkan peran Anda (sebagai seorang pelatih),” ujar Deschamps, dikutip dari Sportskeeda, Rabu (7/10/2020).

“Di situlah bagian terpenting dari seorang pelatih, mengenal para pemain Anda dengan sebaik mungkin dan untuk memaksimalkan (potensi) mereka,” sambung pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Antoine Griezmann

“Bagi saya, dia masih lebih efektif ketika dia berada di jantung permainan (sebagai gelandang serang). Posisi di mana dia banyak menyentuh bola. Dalam posisi itu, dia memiliki kemungkinan untuk datang dan membantu di lini tengah juga,” tambah Deschamps.

“Dia tidak memiliki kemampuan untuk mengambil bola dan mengalahkan lawan di sayap seperti pemain lain. Dia pemain yang perlu banyak menyentuh bola dan dia pintar dalam pergerakannya,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini