Kacau, Total Harga Pemain yang Dipinjamkan Chelsea Mencapai Rp2,3 Triliun

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 45 2289779 kacau-total-harga-pemain-yang-dipinjamkan-chelsea-mencapai-rp2-3-triliun-Mb0GdcNN6W.jpg Tiemoue Bakayoko (Foto: Media Chelsea)

LONDON – Sejak diakuisi oleh Roman Abramovich, Chelsea menjelma menjadi salah satu klub yang paling aktif merekrut pemain. Tak mengherankan jika pada akhirnya hal ini membuat skuad mereka membeludak sehingga harus dipinjamkan ke klub lain.

Meski demikian, hal itu tetap tak menyurutkan hasrat Chelsea untuk berbelanja. Di bursa transfer musim panas 2020, Chelsea menghabiskan dana hingga lebih dari 200 juta pounds atau sekira Rp3,8 triliun untuk mendatangkan nama-nama beken seperti Kai Havertz, Hakim Ziyech, Timo Werner, Ben Chilwell, Thiago Silva, Malang Sarr, hingga Edouard Mendy.

Pada saat yang sama, banyak juga pemain-pemain Chelsea yang dipinjamkan ke klub lain. Tercatat, setidaknya terdapat 26 pemain yang saat ini pinjamkan The Blues ke berbagai klub. Menariknya, jika dijumlahkan total harga dari 26 pemain tersebut mencapai lebih dari 122 juta pounds (Rp2,3 triliun).

Baca juga: Kehilangan Tempat Utama di Chelsea, Kepa: Saya Merasa Sangat Baik

Daftar pemain Chelsea yang dipinjamkan

Pemain dengan harga termahal yang sedang dipinjamkan Chelsea saat ini adalah Tiemoue Bakayoko. Gelandang berkebangsaan Prancis itu sebenarnya dibeli Chelsea pada musim panas 2017 dari AS Monaco dengan harga 40 juta euro.

Sayangnya, Bakayoko gagal menampilkan performa impresif di musim 2017-2018 bersama The Blues. Sejak saat itu, setiap musimnya Bakayoko selalu dipinjamkan ke klub lain. Chelsea seolah sudah tidak mau menerima Bakayoko kembali.

Hal ini pun coba dimanfaatkan oleh AC Milan untuk merekrut Bakayoko dengan cara meminjam selama semusim disertai dengan opsi penebusan. Akan tetapi, pihak Chelsea dan Milan tak menemui kata sepakat perihal besarnya harga tebus Bakayoko.

Pada akhirnya, Chelsea memutuskan untuk meminjamkan Bakayoko ke Napoli dengan status dry loan (peminjaman kering). Saat ini Bakayoko ditaksir memiliki nilai transfer sebesar 22,9 juta pounds (Rp437 miliar).

Selain Bakayoko, terdapat pula Ruben Loftus-Cheek yang masuk ke dalam daftar pemain yang dipinjamkan Chelsea. Loftus-Cheek merupakan pemain jebolan akademi Chelsea dan sempat menampilkan performa menjanjikan.

Ruben Loftus-Cheek

Kendati demikian, kehadiran pemain-pemain baru pada akhirnya membuat Loftus-Cheek harus tersingkir dari skuad The Blues. Saat ini, gelandang 24 tahun tersebut sedang dipinjamkan ke Fulham. Ia memiliki nilai transfer 21,6 juta pounds (Rp410 miliar).

Ross Barkley adalah nama lainnya yang terdepak dari skuad utama Chelsea. Padahal, musim lalu Barkley sempat beberapa kali mendapat kepercayaan dari Frank Lampard. Namun, kini ia harus menjalani masa peminjaman di Aston Villa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini