Messi-Griezmann Tukar Posisi, Ansu Fati Setia di Winger Kiri Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 28 September 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 46 2284767 messi-griezmann-tukar-posisi-ansu-fati-setia-di-winger-kiri-barcelona-EzO2SpJbL7.jpg Coutinho, Messi dan Ansu Fati bintang kemenangan Barcelona vs Villarreal. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, membuat kejutan saat timnya menjamu Villarreal di laga perdana mereka pada Liga Spanyol 2020-2021, Senin (28/9/2020) dini hari WIB. Tidak pernah dijajal di laga-laga sebelumnya, Koeman di luar dugaan memainkan Antoine Griezmann sebagai winger kanan saat Barcelona menjamu Villarreal.

Minim winger kanan jempolan merupakan isu utama yang dialami Barcelona musim ini. Franciscao Trincao dan Pedri yang diplot beroperasi di posisi winger kanan, masih butuh waktu adaptasi, mengingat ini merupakan musim pertama mereka membela Barcelona.

Lionel Messi

(Messi dan Griezmann bertukar posisi di laga Barcelona vs Villarreal)

Selain dua nama di atas, Koeman pernah memainkan Messi sebagai winger kanan saat Barcelona menang 1-0 atas Elche di trofeo Joan Gamper. Karena itu, Messi diprediksi akan diturunkan sebagai winger kanan saat Barcelona menghadapi Villarreal.

Namun, dalam daftar susunan pemain yang diungkap Koeman 60 menit jelang laga Barcelona vs Villarreal, sosok Griezmann yang awalnya dijagokan mengisi posisi penyerang tengah dalam pola 4-2-3-1, justru dimainkan sebagai winger kanan.

Kemudian, posisi penyerang tengah dipercayakan kepada Messi. Bertugas sebagai penyerang tengah atau penyerang palsu bukanlah tugas baru bagi Messi.

BACA JUGA: Ansu Fati Tajam, Trio GMA Jadi Andalan Barcelona Musim Ini

Di dua musim terakhir (2010-2011 dan 2011-2012) ditangani Josep Guardiola di Barcelona, Messi dimainkan di area tersebut. Hasilnya luar biasa, yang mana pada 2011-2012 Messi mengoleksi 73 gol dari 60 pertandingan.

Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dicetak Messi bersama Barcelona dalam satu musim kompetisi. Lantas, Griezmann terus bergerak di posisi kanan dalam laga Barcelona vs Villarreal? Jawabannya tidak.

Ketika laga berjalan, Messi dan Griezmann kerap bertukar posisi. Pertukaran posisi itu yang membuat pergerakan lini depan Barcelona sulit ditebak. Bagamana dengan Ansu Fati yang bergerak sebagai winger kiri? Sepanjang laga, pesepakbola 17 tahun itu mentas sebagai winger kiri.

Ansu Fati

(Ansu Fati tampil sebagai winger kiri di laga Barcelona vs Villarreal)

“Griezmann dan Messi bertukar posisi. Mentas sebagai winger kanan jelas hal yang menyulitkan bagi Griezmann. Namun, saya senang dengan performa Griezmann,” kata Koeman mengutip dari Marca, Senin (28/9/2020).

Dari jalannya laga sendiri, Barcelona menang 4-0 atas Villarreal. Gol-gol Barcelona dicetak Ansu Fati pada menit 15 dan 19, Lionel Messi (35’) dan gol bunuh diri Pau Torres (45’).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini