Ansu Fati Tajam, Trio GMA Jadi Andalan Barcelona Musim Ini

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 28 September 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 46 2284763 ansu-fati-tajam-trio-gma-jadi-andalan-barcelona-musim-ini-1XWR7lrKwQ.jpg Ansu Fati dan Messi, bintang kemenangan Barcelona atas Villarreal. (Foto: Twitter/@FCBarcelona_cat)

BARCELONA – Sebelum laga Barcelona vs Villarreal digelar, pelatih Blaugrana –julukan Barcelona– Ronald Koeman diprediksi akan mengandalkan formasi 4-2-3-1. Dalam pola 4-2-3-1, posisi tiga terdepan akan ditempati Lionel Messi (winger kanan), Antoine Griezmann (penyerang tengah) dan Ansu Fati (winger kiri).

Lantas, apa formasi yang digunakan Koeman dalam laga yang digelar dini hari tadi? Sesuai prediksi, Koeman menggunakan formasi 4-2-3-1. Untuk komposisi lini depan, pun sesuai prediksi.

Ansu Fati

(Ansu Fati cetak dua gol di laga Barcelona vs Villarreal)

Hanya saja, ada perubahan pemain di posisi depan. Messi yang awalnya diprediksi mentas sebagai winger kanan, bertukar posisi dengan Griezmann. Karena itu, Griezmann beroperasi sebagai wnger kanan dan Messi dan bertugas sebagai penyerang palsu (false nine).

Bagaimana dengan posisi winger kiri? Sesuai prediksi awal, Ansu Fati beroperasi di area tersebut. Alhasil, pelatih Koeman mengandalkan trio GMA (Griezmann, Messi dan Ansu Fati) untuk mengisi posisi tiga terdepan.

Kombinasi trio yang dibentuk Koeman tampil luar biasa. Dalam laga yang digelar di Estadio Camp Nou itu, Ansu Fati menjadi bintang. Winger 17 tahun itu mencetak gol pertama dan kedua Barcelona pada menit 15 dan 19.

BACA JUGA: Barcelona Gilas Villarreal, Koeman Akui Hanya Bermain Baik di Babak Pertama

Kemudian di menit 35, Barcelona mendapatkan hadiah penalti setelah Ansu Fati dijatuhkan di kotak terlarang. Messi yang dipercaya sebagai algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Barcelona pada akhirnya menggenapi kemenangan 4-0 mereka atas Villarreal setelah pemain belakang lawan, Pau Torres, membuat gol bunuh diri di pengujung babak pertama. Berkat kemenangan ini, Barcelona naik ke urutan ke-10 klasemen sementara Liga Spanyol 2020-2021 dengan koleksi tiga angka.

Lionel Messi

(Messi dan Griezmann, pemain depan andalan Barcelona)

Trio GMA diprediksi terus jadi andalan Barcelona di sepanjang musim ini. Sebab, secara kualitas, trio Griezmann, Messi dan Ansu Fati jadi yang paling moncer ketimbang pemain depan Barcelona lainnya.

Selain Griezmann, Messi dan Ansu Fati, Barcelona memiliki Ousmane Dembele, Pedri, Francisco Trincao dan Martin Braithwaite. Pedri dan Trincao masih butuh adaptasi lebih dengan sepakbola Liga Spanyol.

Dembele? Pemain asal Prancis itu rentan cedera dan kualitas Braithwaite tidak cukup layak untuk membela tim sebesar Barcelona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini