Ronald Koeman Belum Bisa Pimpin Barcelona di Laga Resmi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 46 2279054 ronald-koeman-belum-bisa-pimpin-barcelona-di-laga-resmi-AcSqjqnG9B.jpg Ronald Koeman belum resmi diakui RFEF (Foto: FC Barcelona)

BARCELONA – Pelaih anyar Barcelona, Ronald Koeman, ternyata belum bisa memimpin anak asuhnya di laga resmi pada musim 2020-2021. Sebab, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) masih belum secara resmi menghapus nama Quique Setien dari daftar.

Sebagaimana diketahui, Quique Setien sudah dipecat dari jabatannya pada pertengahan Agustus 2020. Palu pemecatan dijatuhkan setelah Barcelona dipermalukan Bayern Munich pada laga Perempatfinal Liga Champions 2019-2020 dengan skor 2-8.

Celakanya, pemecatan itu ternyata bermasalah. Dilansir dari Football Espana, Kamis (17/9/2020), Barcelona ternyata belum menyampaikan pemecatan Quique Setien lewat kanal resmi. Pria asal Spanyol itu bahkan mengirimkan faksimile kepada klub berisi dokumen hukum untuk mempercepat proses pemecatan.

Baca juga: Koeman Takkan Pinggirkan Suarez jika Bertahan di Barcelona

Quique Setien dipecat Barcelona usai dipermalukan Bayern Munich (Foto: UEFA)

Masalah kemudian muncul. Quique Setien dan Barcelona belum mencapai kesepakatan terkait kompensasi pemecatan. Pria berusia 61 tahun itu meminta gajinya dibayarkan penuh selama setahun sesuai dengan kesepakatan kontrak awal yang mengikatnya hingga 30 Juni 2021.

Karena belum resmi dipecat dan dokumen juga tak kunjung dikumpulkan, RFEF masih mencantumkan nama Quique Setien sebagai pelatih resmi Barcelona. Akibatnya, Ronald Koeman secara resmi belum diakui RFEF sebagai suksesor.

Itu berarti, Ronald Koeman tidak bisa mendampingi Lionel Messi dan kawan-kawan pada laga resmi. Sebab, Barcelona dianggap hanya membebaskan Quique Setien dari kewajiban memimpin latihan, bukan tugas sebagai pelatih sepenuhnya. Secara hukum, kontraknya masih berlaku.

Dalam kondisi seperti ini, Barcelona harus buru-buru menyelesaikan masalah dengan Quique Setien. Jika tidak, maka Ronald Koeman tidak boleh duduk di bangku cadangan ketika Blaugrana menjamu Villarreal pada laga pembuka Liga Spanyol 2020-2021, 27 September mendatang.

Ronald Koeman sendiri sudah memimpin Barcelona pada dua laga uji coba. Mengingat statusnya hanya uji coba tidak resmi, maka pelatih asal Belanda itu diizinkan duduk di bangku cadangan. Dari dua laga tersebut, El Barca selalu sukses memetik kemenangan.

“Pertandingan persahabatan kedua kami malam ini. Tim sudah menunjukkan progres yang bagus. Ada beberapa momen bagus dalam permainan sepakbola kami hari ini,” cuit Ronald Koeman lagi lewat akun Twitter @RonaldKoeman, selepas laga uji coba kontra Girona. 

Setelah laga terakhir melawan Girona yang dimenangi dengan skor 3-1, Barcelona akan kembali tampil pada turnamen eksibisi Trofi Joan Gamper melawan Elche. Laga yang secara tradisi digelar sebelum bergulirnya kompetisi resmi itu, akan dihelat pada Minggu 20 September 2020 di Stadion Camp Nou.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini